DESAIN LAYOUT SUPLEMEN DAN IKLAN TVC TABLOID MQ

Rohmawati, Irma (2007) DESAIN LAYOUT SUPLEMEN DAN IKLAN TVC TABLOID MQ.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kerja praktik adalah salah satu sistem yang digunakan dalam rangka pembekalan calon lulusan perguruan tinggi agar siap memasuki dunia kerja. Dalam proses pelaksanaanya memerlukan kerja sama antara perguruan tinggi dan perusahaan-perusahaan yang terkait. Selama proses kerja praktik teori-teori yang diperoleh secara formal menjadi bekal lingkungan kerja di lapangan, dengan bimbingan dari pembimbing yang ada di perusahaan dan pembimbing dari perguruan tinggi asal. Dari ilmu pengetahuan yang didapat di perguruan tinggi bersifat teoritis walaupun beberapa upaya belajar mengajar dilakukan dengan pendekatan praktikan. Namun jelas sekali perbedaan praktik ilmu dalam pendidikan formal dengan pekerjaan yang sesungguhnya terjadi di lapangan pekerjaan. Untuk memantapkan ilmu yang didapat dalam pendidikan formal perlu adanya pengenalan kepada mahasiswa untuk lebih mengenal dunia kerja yang akan mereka masuki. Mahasiswa dituntut dapat menyesuaikan kemampuannya dalam menghadapi segala sesuatu yang berurusan dengan bidangnya dan mengaplikasikannya dengan baik. Bagaimana terjun ke dalam dunia kerja nyata, berkompetisi, melatih kecepatan dan ketepatan dalam bekerja, belajar menghadapi tekanan, memahami dasar-dasar kepemimpinan, serta mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan bidang ilmu yang digeluti, sejalan dengan perkembangan media informasi saat ini yang sangat pesat. Keadaan ini dapat ditandai dari berkembangnya segala sesuatu yang menyangkut dengan media informasi tersebut, juga semakin tingginya kebutuhan manusia pada informasi saat ini seperti TV, radio, koran, majalah, tabloid, dan lainnya. Karena semakin tingginya kebutuhan manusia akan informasi, maka perkembangan segala sesuatu yang berhubungan dalam penyampaian informasi dari satu manusia ke manusia lainnya pun turut meningkat baik pada teknologinya maupun cara penyampaiannya. Untuk menyampaikan informasi secara besar-besaran juga butuh suatu badan/lembaga/organisasi/perusahaan yang menangani segala yang dibutuhkan untuk pembuatan dan penyampaian informasi tersebut pada orang-orang yang dituju, dan salah satu perusahaan yang menangani jasa tersebut adalah Penerbitan. Perusahan penerbitan itu sendiri butuh peranan beberapa orang desainer untuk bisa mendesain penyampaian informasi yang baik dan mudah agar dipahami oleh orang yang membacanya. Selain itu, peranan para desainer pada media informasi adalah agar membuat orang tertarik untuk memperhatikan objek yang dibuat. Di dalam perusahan penerbitan terdapat bagian yang menangani pekerjaan antara redaksi dan percetakan. Bagian ini terdiri dari tata letak/perwajahan, desain, pembuatan film negatif dan pembuatan plate. Pada bagian ini membutuhkan peran seorang designer (orang yang membuat desain). Seorang designer bekerja menggabungkan antara seni dengan teknologi komputer guna menghasilkan suatu karya seni yang dapat menunjang perwajahan dari suatu penerbitan. Dalam perusahaan penerbitan biasanya ada beberapa tenaga desain yang pekerjaannya disesuaikan dengan kebutuhan produk penerbitannya. Ada designer khusus iklan, designer halaman khusus, halaman depan dan sebagainya. Seorang designer juga bisa berperan sebagai penata letak/layouter yang sangat berperan penting karena hasil kerja layout berhadapan langsung dengan konsumen atau pembacanya. Untuk menjadi designer, seseorang paling tidak harus menguasai seni grafika (grafity art) dan komputer, karena kedua keterampilan itu merupakan pengetahuan dasar untuk menguasai desain. Secara formal, keterampilan tersebut didapat dari bangku pendidikan. Pada dasarnya Kerja Praktik ini merupakan salah satu bagian dari satu mata kuliah yang harus di tempuh oleh seorang desainer komunikasi visual, di mana merupakan salah satu uji coba dalam penguasaan akan pengajaran yang berupa penguasaan cetak informasi, publikasi, media penerbitan, periklanan dan promosi, serta kemampuan bekerja sama dengan disiplin ilmu lain.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9357

Actions (login required)

View Item View Item