Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi di Harian Umum Galamedia Terhadap Kinerja Wartawannya

Kurnia, Eka (2010) Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi di Harian Umum Galamedia Terhadap Kinerja Wartawannya.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh iklim komunikasi organisasi di Harian Umum Galamedia terhadap kinerja wartawannya, sehingga untuk dapat melihat seberapa besar pengaruhnya, peneliti mencoba untuk menganalisis kepercayaan, partisipasi, keterbukaan, usaha, kemampuan dan situasi lingkungan yang terdapat di Harian Umum Galamedia. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan peneliti adalah survey dengan teknik analisis deskriptif, yaitu metode dengan cara pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan mengambil sampel sejumlah unit atau individu dalam waktu tertentu dengan alat pengumpulan data pokok adalah kuisioner. Sebagian besar data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, angket serta didukung oleh studi literatur. Populasi dalam penelitian ini adalah wartawan yang bekerja di Harian Umum Galamedia di bawah naungan PT. Galamedia Bandung Perkasa, teknik sampling yang peneliti gunakan adalah Total Sampling. Sebelum dilakukan penyebaran angket, peneliti terlebih dahulu melakukan uji validitas dan reliabilitas pada setiap item pertanyaan yang ada dalam angket dengan menggunakan program SPSS 12. Data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket, diberi skor, dianalisa dan diolah dengan menggunakan Skala Likert dan Koefisien Korelasi Jenjang Spearman (The Spearman Rank Order Correlation Coefficien, Rs) pada program SPSS 12. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepercayaan, partisipasi, dan keterbukaan adalah sebesar 67,24%, 49%, 95,06% pengaruhnya dalam meningkatkan kinerja wartawan Harian Umum Galamedia, serta usaha, kemampuan dan situasi lingkungan adalah sebesar 81,0%, 100%, 95,06% pengaruhnya kepada iklim komunikasi organisasi. Sehingga secara umum iklim komunikasi organisasi di Harian Umum Galamedia terhadap kinerja wartawannya secara keseluruhan sudah besar. Hal ini terlihat dari besarnya korelasi antara iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja yaitu sebesar 0,900 atau 81% yang berarti kuat, searah dan signifikan. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti, menunjukan bahwa H0 ditolak dengan demikian H1 diterima yang berarti ada pengaruh antara iklim komunikasi organisasi di Harian Umum Galamedia terhadap kinerja wartawannya. Saran peneliti setelah melakukan penelitian ini sebaiknya PT. Galamedia Bandung Perkasa lebih memperhatikan kebutuhan akan sarana dan prasarana yang dibutuhkan wartawannya, berdampak pula agar Harian Umum Galamedia menjadi Harian Umum yang terbaik sebagai media penyampaian berita.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Iklim Komunikasi Organisasi, Harian Umum Galamedia, Kinerja Wartawan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9410

Actions (login required)

View Item View Item