LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPAN DI UNIT KOMUNIKASI PERUSAHAAN PT.TELKOM,TBK BANDUNG

Yuningsih, Rita (2007) LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPAN DI UNIT KOMUNIKASI PERUSAHAAN PT.TELKOM,TBK BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi di era globalisasi ini yang kian pesat, maka tidak dapat dipungkiri kebutuhan akan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi semakin cepat, tepat dan akurat sudah menjadi suatu kebutuhan pokok kita pula. Peradaban baru yang terlahir dari Revolusi informasi dan komunikasi telah mempermudah manusia untuk saling berhubungan dan berkomunikasi. Untuk itu PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa telekomunikasi untuk umum galam negeri, sudah mempunyai eksistensi sebagai suatu perusahaan/instansi yang tidak luput dari perhatian publik/masyarakat luas. Dalam hal ini TELKOM secara langsung menjadi perusahaan pelayanan telekomunikasi bagi masyarakat dan ini menyangkut citra perusahaan/instansi yang sesungguhnya di mata masyarakat dan untuk kebutuhan akan informasi agar komunikasi berjalan dengan lancar masyarakat banyak lebih memilih menjadi pelanggan TELKOM. Unit Corporate Communications (Komunikasi Perusahaan) yang mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap penciptaan, peningkatan, serta pemeliharaan citra perusahaan yang ada, maka dalam hal ini Public Relations lah yang berperan. Unit ini terdapat pula di dalam PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Menurut Frank Jefkins, Public Relations yaitu sesuatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu kedalam maupun keluar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian (jefkins 1992:9). Kebutuhan akan informasi dan komunikasi yang semakin pesat serta berkembangnya alat-alat komunikasi semakin canggih yang menjadikan persaingan perusahaan telekomunikasi kian berkembang. Untuk itu TELKOM sebagai perusahaan BUMN yang melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat di Indonesia merupakan salah satu perusahaan besar yang dapat dijadikan tempat pelaksanaan Job Training sehingga dapat mengaplikasikan kajian teori ilmu pengetahuan dari perguruan tinggi. PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. atau lebih dikenal dengan nama PT. TELKOM adalah Perusahaan publik penyedia jasa telekomunikasi dan informasi yang dipandang baik di Indonesia maupun di kawasan regional. Berawal dari didirikannya sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf dibentuk pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda pada tahun 1884. Penyelenggaraan telekomunikasi oleh swasta ini berlangsung sampai tahun 1906. Kemudian pada tahun 1906, Kolonial Belanda membentuk sebuah Jawatan Pos, Telegraf dan telepon (Post Telegraaf en Telefoondients), atau disebut PTT Dienst yang pada tahun 1927 ditetapkan sebagai Perusahaan Negara Pemerintah Hindia Belanda. Jawatan PTT berlangsung sampai dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) No. 19 Tahun 1960, yang menetapkan Jawatan PTT untuk tetap menjadi Perusahaan Negara. Kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 240 Tahun 1961 Perusahaan Jawatan PTT berubah menjadi Perusahaan Negara (PN) Pos dan Telekomunikasi. Pada tahun 1965 pemerintah membagi PN Pos dan Telekomunikasi menjadi dua Perusahaan Negara, yaitu PN Pos & Giro dan Perusahaan Negara Telekomunikasi. Berkembangnya dua Perusahaan Negara tersebut tidak sampai disitu. Kemajuan teknologi dan jasa telekomunikasi mendorong Pemerintah untuk meningkatkan bentuk Perusahaan Negara (PN) Telekomunikasi menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi yang (PERUMTEL) sebagai penyelenggara jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Selanjutnya untuk lebih meningkatkan pelayanan jasa telekomunikasi untuk publik, maka dengan Peraturan Pemerintah No. 53 tahun 1980 diadakan perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 22 tahun 1974, yakni dengan menetapkan PERUMTEL sebagai Badan Usaha yang diberi wewenang untuk menyelenggarakan telekomunikasi dalam negeri dan PT. INDOSAT di beri wewenang untuk menyelenggarakan telekomunikasi untuk umum internasional, terpisah untuk PERUMTEL. Kemudian pada tahun 1991 melalui Peraturan Pemerintah No. 25 tanggal 1 Mei 1991 pemerintah mengubah bentuk PERUM menjadi Perusahaan Perseroan (PERSERO). Sebagai bentuk pengembangan usahanya, TELKOM memberikan penawaran umum perdana saham pada tahun 1995. Dengan begitu namanya pun berubah menjadi PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Sejak November 1995 TELKOM telah berubah statusnya menjadi perusahaan publik. Perubahan besar-besaran Telkom terjadi pada tahun 1995, meliputi restrukturisasi internal, kerjasama operasi (KSO), dan Initial Public Offering (IPO). Sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan (Public Offering Without Listing/POWL) di Tokyo Stock Exchange.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Public Relations > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9413

Actions (login required)

View Item View Item