Peranan Dinas dan Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dalam Mempromosikan Objek Wisata di Kota Bandung

Wiratmaja, Bagja (2010) Peranan Dinas dan Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dalam Mempromosikan Objek Wisata di Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peranan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dalam mempromosikan objek wisata di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Data penelitian melalui wawancara, studi pustaka, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah empat orang yang selanjutnya disebut informan. Keempat orang informan ini merupakan bagian internal Disbudpar, tiga orang dari bidang pemasaran dan satu informan dari bidang objek wisata. Seluruh informan dirasa dapat mewakili kedalaman penelitian karena posisi mereka yang berperan penting dalam mempromosikan objek wisata Kota Bandung. Teknik analisis data dilakukan dengan penyeleksian data, klasifikasi data, merumuskan hasil penelitian, dan menganalisa hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Disbudpar menggunakan berbagai media promosi untuk dapat mempromosikan objek wisata. Publikasi yang dipakai berbentuk promotion material seperti guide-book, booklet, brosur, folder, dan word of mouth. Kegiatan periklanan dilakukan melalui kegiatan fam tour. Personall selling merupakan bentuk publikasi yang yang dirasa efektif oleh disbudpar, karena mengadopsi kegiatan tatap muka secara langsung berupa roadshow dan pameran. Disbudpar juga melakukan kerjasama kemitraan dan kerjasama dengan kabupaten atau kota lain di indonesia. Disbudpar juga melakukan promosi e-marketing melalui website yang dapat diakses secara luas dan bebas, selain itu juga mengunakan email dan penyediaan merchendising sebagai media promosi lini bawah. Disbudpar menawarkan berbagai jenis objek wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, dan wisata minat khusus yang di dalamnya terbagi kedalam banyak bagian objek wisata lainnya. Disbudpar ingin membentuk pencitraan Bandung sebagai kota kreatif dengan slogan B-fresh. Saran dari hasil penelitian ini untuk Disbudpar yakni, Disbudpar harus lebih berani menambahkan anggaran untuk melakukan promosi pariwisata di media cetak dan elektronik. Disbudpar diharapkan lebih berperan aktif dalam menyelenggarakan event-event pribadi tentang kepariwisataan dalam membentuk pencitraan Bandung sebagai kota kreatif. Disbudpar juga diharapkan melakukan peningkatan kualitas SDM yang kompeten dibidang promosi khususnya kepariwisataan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Mempromosikan Objek Wisata
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9420

Actions (login required)

View Item View Item