Persepsi Orang Tua Siswa Tentang Komunikasi Antar Pribadi Pembimbing dengan Siswa Tunarungu di SLB YP3 ATR 1 Cicendo Bandung

Wahyu Saputra, Irfan (2010) Persepsi Orang Tua Siswa Tentang Komunikasi Antar Pribadi Pembimbing dengan Siswa Tunarungu di SLB YP3 ATR 1 Cicendo Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi orang tua siswa tentang komunikasi antarpribadi pembimbing dengan siswa tunarungu dalam upaya perubahan sikap siswa di SLB YP3 ATR 1 Cicendo Bandung. Untuk menjawab tujuan diatas maka diangkat indikator-indikator yaitu sensasi, atensi, latar belakang pengalaman, dan kondisi psikis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan penelusuran data secara online. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 29 orang dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah analisis menurut Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, sensasi yaitu melalui penglihatan dan pendengaran selalu dilakukan oleh orang tua siswa tentang komunikasi antarpribadi pembimbing dengan siswa tunarungu, sehingga orang tua menilai hal tersebut baik. Begitu juga dengan atensi yaitu perhatian orang tua siswa tentang komunikasi antarpribadi sering dilakukan, sehingga orang tua menilai hal tersebut baik pula. Latar belakang pengalaman orang tua siswa tentang komunikasi antarpribadi membuat orang tua semakin mengerti anak sebagai pertimbangan untuk kemajuan anak nantinya, dan kodisi psikis orang tua siswa tentang komunikasi antarpribadi menunjukkan mental yang kuat tanpa adanya keraguan. Pada akhirnya orang tua merasa puas, bangga dan bahagia ketika anaknya menunjukkan perubahan sikap yang terlihat serta peningkatan kemampuan berkomunikasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, persepsi orang tua siswa tentang komunikasi antarpribadi pembimbing dengan siswa tunarungu dinilai lancar, dan berjalan sebagaimana mestinya. Saran yang disampaikan pada penelitian ini adalah komunikasi antarpribadi pembimbing dengan siswa tunarungu sebaiknya lebih intensif lagi agar kedekatan antara pembimbing dengan siswa dapat semakin terlihat. Misalnya dengan cara menggunakan teknik permainan ketika belajar di kelas agar siswa lebih aktif, dapat juga pembimbing sesekali mengadakan kunjungan belajar ke suatu tempat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antar Pribadi, Pembimbing dengan Siswa
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9516

Actions (login required)

View Item View Item