Kualitas Pelayanan Jasa Dinas Perhubungan Kota Bandung (Suatu Studi Tentang Pelayanan Trans Metro Bandung)

Malza, Denny (2013) Kualitas Pelayanan Jasa Dinas Perhubungan Kota Bandung (Suatu Studi Tentang Pelayanan Trans Metro Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keadaan dan kondisi lalu lintas di Kota Bandung semakin hari mengalami peningkatan jumlah angka kemacetan, hal ini disebabkan terus bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak diimbangi dengan pembangunan sarana dan prasarana penunjang seperti jalan raya. Langkah Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk mengurangi jumlah angka kemacetan di Kota Bandung dengan memberikan solusi melalui jasa angkutan transportasi umum yang bersifat massal yaitu pengoperasian bus Trans Metro Bandung. Pentingnya untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh Trans Metro Bandung kepada masyarakat dengan mengutamakan pelayanan jasa transportasi yang bersifat aman, nyaman, dan murah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kulitas pelayanan dari Lijan Poltak Sinambela mengemukakan bahwa, untuk mencapai kepuasan dituntut kualitas pelayanan prima yang tercermin dari Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Pertisipasif, Kesamaaan Hak, dan Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, studi lapangan, observasi, serta dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Dinas Perhubungan Kota Bandung dan para petugas Trans Metro Bandung dengan menggunakan teknik purposive sampling dan masyarakat dengan menggunakan teknik accidental. Bedasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pelayanan yang diberikan oleh Trans Metro Bandung berjalan dengan cukup baik, masyarakat yang menggunakan Trans Metro Bandung merasa dilayani dengan baik dan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang telah ditetapkan. Hanya saja masih terdapat beberapa petugas yang belum menjalankan tugasnya dengan baik, dan masyarakat khususnya masyarakat Kota Bandung belum begitu mengetahui keberadaan pengoperasian bus Trans Metro Bandung dikarenakan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Trans Metro Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item