METODE PENJUALAN KONSINYASI PADA PT. ELEX MEDIA KOMPUTINDO BANDUNG

Lesmana, Endi (2007) METODE PENJUALAN KONSINYASI PADA PT. ELEX MEDIA KOMPUTINDO BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perusahaan merupakan salah satu penggerak perekonomian di Negara kita. Seperti yang kita ketahui, belakangan ini banyak perusahaan-perusahaan baru yang bermunculan dengan bidang usaha yang beragam. Bahkan tidak sedikit dari perusahaan-perusahaan tersebut yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini tergantung pada bagus tidaknya manajemen dan sistem-sistem yang telah diterapkan dan dijalankan pada perusahaan itu sendiri. Bidang usaha perusahaan dapat kita bedakan diantaranya adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa atau pelayanan. Perusahaan jenis ini objek yang dipergunakan adalah jasa, misalnya tranportasi, kontruksi, bengkel, laundry dan lain-lain. Selain perusahaan jasa, bidang usaha lain adalah perusahaan dagang. Berbeda dengan perusahaan jasa, pada perusahaan dagang ini objek yang diperjualbelikan adalah barang dagangan yang memiliki wujud dan fisik. Selain perusahaan jasa dan dagang, kita juga mengenal perusahaan manufaktur. Dalam kegiatannya selain menjual barang, perusahaan ini juga melakukan kegiatan produksi atas barang yang akan mereka jual. Perusahaan yang melakukan penjualan terhadap barang dagangannya pasti memiliki system dan strategi sendiri. Hal ini tergantung pada kebijakan yang diambil oleh manajemen perusahaan. Kebujakan tersebut dihubungkan dengan tujuan umum suatu perusahaan yaitu memperoleh keuntungan. Dilihat dari segi system prosedur penjualan barang dagangan, pada umumnya perusahaan melakukan penjualan secara langsung terhadap barang hasil produksinya. Hal ini dapat kita lihat dari adanya counter khusus dan toko resmi yang siap memasarkan hasil produksinya. Selain melalui penjualan langsung perusahaan juga memiliki alternative lain untuk memasarkan produk mereka. Alternative lain yang dimaksud adalah penjualan dengan system titipan pada pihak lain. Penjualan dengan system ini adalah system penjualan konsinyasi. Penjualan secara konsinyasi berkaitan dengan penyerahan fisik barangoleh pemilik kepada pihak lain yang bertindak sebagai agen penjual. Pihak-pihak yang terkait dalam penjualan konsinyasi adalah konsinyor (consignor)sebagai pihak yang memiliki barang, sedangkan pihak yang mengusahakan penjualan barang ini disebut konsinyi (consignee) atau juga disebut sebagai factor (factor), atau pedagang komisi (commission merchant) Jika dilihat secara hukum dapat dinyatakan bahwa hak atas barang-barang ini tetap berada di tangan pemilik sampai barang-barang tersebut dijual oleh pihak agen penjual

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9650

Actions (login required)

View Item View Item