PELAYANAN SISTEM RESERVASI KOMPUTER MASKAPAI PENERBANGAN DI PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES BANDUNG

Rinaldy, Harri (2007) PELAYANAN SISTEM RESERVASI KOMPUTER MASKAPAI PENERBANGAN DI PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini juga sangat besar pengaruhnya pada bidang Pariwisata, terutama di Indonesia. Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya membuat turis-turis dari berbagai penjuru dunia datang untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Namun, tidak hanya keindahan alamnya saja yang menjadi daya tarik dari negara ini akan tetapi keanekaragaman suku, budaya adat-istiadat yang ada di tanah air Indonesia menjadi daya tariknya. Banyak Negara yang sudah mengeluarkan berbagai macam teknologi mutakhir, tidak hanya itu, perkembangan dalam bidang komunikasi saat ini juga cukup pesat. Dengan hadirnya jaringan internet yang bisa menjangkau ke berbagai penjuru dunia, melancarkan hubungan kerjasama Internasional dalam satu perusahaan. Orang-orang dari luar negara Indonesia dapat megakses segala sesuatu hal yang ada di negara ini mulai dari perkembangan ekonomi, sosial, politik, budaya dan lain-lain melalui jaringan internet. Salah satu contoh perkembangan yang terjadi di Indonesia ialah dengan dipakainya jaringan internet di berbagai perusahaan besar di Indonesia dan internet tidak hanya dapat digunakan oleh mereka yang berkerja di perusahaan besar tapi juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Perusahaan yang memakai jaringan internet juga bermacam-macam ada perusahaan dagang ada juga perusahaan jasa, salah satunya yang masuk ke perusahaan jasa ialah perusahaan penerbangan. Perusahaan penerbangan merupakan alat transporatasi yang sampai saat ini menjadi satu-satunya alternatif bagi para turis mancanegara untuk bisa datang ke Indonesia. Sebagai negara kepulauan yang memiliki beribu-ribu pulau yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan tersebut tentulah peranan transportasi udara sangat dibutuhkan terutama bagi tempat atau wilayah yang sudah menyediakan lapangan udara. Persaingan antara perusahaan penerbangan sangat pesat, terbukti dengan adanya berbagai fasilitas tambahan yang ditawarkan oleh perusahaan penerbangan tersebut untuk dapat berlomba-lomba menarik pelanggan lebih banyak lagi. Karena itu, setiap perusahaan harus mampu menyediakan layanan tambahan untuk dapat menarik minat para pelanggannya. Usaha itu juga harus disertai dengan kualitas layanan dan kualitas sumber daya manusianya (SDM). Sumber Daya Manusia yang berkualitas tentu saja harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan (Kompetensi). Karena kemajuan dari sebuah perusahaan tidak hanya terletak pada modemnya peralatan yang ada, akan tetapi tergantung juga pada Sumber Daya Manusia sebagai User teknologi tersebut. Kemajuan teknologi yang terjadi khususnya di bidang pariwisata (Penerbangan) yaitu dengan dipakainya sistem reservasi berbasis komputer atau dikenal dengan CRS (Computerized Reservation System). CRS berfungsi sabagai alat bantu sangat canggih. Karena dengan peralatan tesebut seorang penumpang akan dengan mudah mendapatkan seat atau tempat duduk di pesawat dengan cepat karena didukung dengan akses internet on-line nasional bahkan Internasional. Dengan begitu para penumpang hanya cukup menelepon maskapai penerbangan yang diinginkan kemudian melakukan reservasi. Dengan demikian begitu penumpang tidak harus bolak-balik ke kantor maskapai penerbangan tersebut untuk menanyakan harga, kelas, dan sebagainya hanya cukup menelepon maka keperluannya bisa teratasi dengan cepat. Yang perlu Anda lakukan hanya mengambil tiket tersebut sesuai dengan batas Time Limit atau batas pengambilan tiket yang telah diinformasikan oleh maskapai tersebut. Bahkan ada maskapai penerbangan yang menyediakan pelayanan pengantaran tiket untuk penumpangnya. Salah satu maskapai penerbangan memberikan pelayanan tersebut, dan juga menggunakan sistem reservasi komputer dalam pelayanan reservasinya ialah PT. Merpati Nusatara Airlines. Sistem yang digunakan ialah Sistem Reservasi USAS (Unisys Standard Airlines System) akan tetapi mengalami perubahan menjadi Arga sistem.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9653

Actions (login required)

View Item View Item