KEGIATAN EKSTERNAL PUBLIC RELATION DI KOMUNIKASI BISNIS PT. POS INDONESIA (PERSERO).

Trismanto, (2007) KEGIATAN EKSTERNAL PUBLIC RELATION DI KOMUNIKASI BISNIS PT. POS INDONESIA (PERSERO).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengelola sumber daya manusia berfokus pada peningkatan motivasi dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, serta sifat atau perilaku karyawan agar memberikan kontribusi produktivitas yang optimal bagi perusahaan. Komitmen PT Pos Indonesia (Persero) yang selalu berupaya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan tak akan pernah surut, berbagai uapaya peningkatan kualitas pelayanan pada setiap produk yang ditawarkan. Hampir seluruh layanan di kemas dan diramu sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, sebagai perwujudan dari konsep “ Pos Peduli Konsumen “dengan prinsip bahwa konsumen senantiasa dijadikan prioritas dan focus utama dalam memberikan pelayanan terbaik, baik untuk tujuan domestikmaupun mancanegara. Dalam mengantisipasi persaingan PT. Pos Indonesia (persero) telah memperkuat posisi dan mengembangkan fleksibilitas layanan sesuai keinginan pelanggan, bahkan PT. Pos Indonesia telah merespon maraknya revolusi e-commerce dengan mengembangkan layanan elektronik guna memenuhi permintaan pelanggan dan pebisnis dalam kecepatan, keamanan dan efisiensi. Berbagai inovasi dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat tersebut diatas ditandai dengan diterimanya anugerah The Best CEO untuk kategori inovasi Management pada BUMN Award pertama, yang diselenggarakan bulan Agustus 2002. Disisi lain PT. pos Indonesia (Persero) telah menyempurnakan proses bisnis yang berbasis pada kebutuhan, keinginan dan harapan masyarakat dengan dukungan sumber daya manusia yang professional karena selalu dibekali pendidikan dan pelatihan secara berkesinambungan. Ketekunan dan ketrampilan tersebut salah satunya tercermin dalam kinerja keuangan pada tahun-tahun terakhir, sebagai gambaran sederhana kendatipun krisis ekonomi belum berakhir namun pada tahun 2001 bisnis PT. Pos Indonesia (Persero) mampu tumbuh rata-rata 15,63%, yang sebenarnya hal ini belum sesuai dengan harapan manajemen. Demikian juga meskipun banyak terjadi kerusuhan dibeberapa daerah namun kinerja PT Pos Indonesia sebagai “agen pembangunan” masih dapat tampil signifikan, bahkan sampai dengan akhir tahun 2001 aset perusahaan telah mencapai Rp 1.982.025.777.252,00- Kegiatan yang dilakukan oleh Humas PT. Pos Indonesia (Persero) dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu kegiatan bidang komunikasi Internal, kegiatan bidang komunikasi Eksternal dan kegiatan bidang komunikasi pelanggan. Kegiatan bidang komunikasi Internal yaitu : Merencanakan, mengendalikan, dan mengembangkan system komunikasi internal perusahaan dan kegiatan protokoler untuk membentuk serta mengembangkan citra positif perusahaan dilingkungan internal dan menyelenggarakan kegiatan administrasi, keuangan dan dukungan umum bagian komunikasi korporat serta penyiapan kegiatan-kegiatan dilingkungan secretariat perusahaan. Kegiatan bagian komunikasi Eksternal adalah merencanakan, mengendalikan, mengembangkan sistem komunikasi publik yang efektif bagi perusahaan guna terciptanya citra positif perusahaan yang lebih baik di lingkungan stakeholders. Kegiatan bagian komunikasi pelanggan adalah menjalin komunikasi eksternal untuk mempromosikan perusahaan, mengelola benda-benda promosi untuk kepentingan korporat, mengelola Website Pos Indonesia dan BUMN On-line, mengelola penerbitan majalah Triwulan kabar dari Pos, mengerjakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh manejer Komunikasi Korporat. Kegiatan Humas Eksternal sangat berperan penting dalam pembentukan citra positif perusahaan karena dalam tugas dan kegiatannya selalu berhubungan dengan pihak luar perusahaan baik itu lembaga lain dan juga masyarakat serta dituntut untuk selalu berhubungan baik dengan pihak media melalui para wartawan demi citra dan kepentingan perusahaan. Berdasarkan kegiatan Humas PT. Pos Indonesia (persero), maka Praktikan menjabarkan secara rinci mengenai kegiatan Humas khususnya bidang kegiatan Eksternal Public Relations. Hal ini dilakukan berdasarkan pemikiran bahwa Eksternal Public Relations merupakan suatu usaha untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara suatu badan atau organisasi dengan publiknya, usaha untuk memberikan, untuk menanamkan kesan yang menyenangkan sehingga timbul opini publik yang menguntungkan bagi kemajuan perusahaan atau organisasi. Dipandang dari sisi kehumasan, kegiatan eksternal Public Relations berperan besar dalam hal menjalin kerja sama dengan lembaga lain melalui kunjungan antar lembaga profit maupun non profit.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9657

Actions (login required)

View Item View Item