PROSEDUR PELAKSANAAN STRATEGI BAURAN PRODUK DI KOPERASI PETERNAK SAPI BANDUNG UTARA (KPSBU) LEMBANG

Sukma Wijaya, Windra (2007) PROSEDUR PELAKSANAAN STRATEGI BAURAN PRODUK DI KOPERASI PETERNAK SAPI BANDUNG UTARA (KPSBU) LEMBANG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, dan perekonomian yang semakin baik maka memicu tumbuhnya perusahaan-peruasahaan baru untuk ikut bersaing. Di tengah iklim persaingan yang semakin ketat ini, suatu perusahaan harus dapat memanfaatkan peluang pasar yang ada. Khususnya perusahaan yang bergerak di Industri penyediaan produk, yang didorong oleh faktor keinginan dan kebutuhan konsumen yang beragam. Karena keinginan konsumen dan kebutuhan konsumen yang beragam dan sempitnya peluang yang tersedia, maka suatu perusahaan harus lebih tepat dalam cara penyusnan strategi pemasarannya. Dengan demikian perusahaan dapat merencanakan jenis produk apa yang paling tepat ditempatkan di segmen pasar tertentu, sehingga perusahaan dapat mencapai target yang telah di Rekapitulasi sebelumnya dan dengan penyusunan strategi pemasaran juga dapat menentukan apakah produk tersebut dapat memuaskan keinginan konsumen atau tidak. Dengan cara tersebut maka perusahaan harus dapat menciptakan produk-produk baru sebagai salah satu cara untuk mempertahankan sebagai pemimpin pasar. Dengan diciptakannya beragam produk tersebut, suatu perusahaan harus dapat memperjuangkan dan mempertahankan produknya di pasar. Sebagai salah satu cara yang tepat adalah menyusun Strategi Bauran Produk sebagai salah satu dari unsur Strategi Pemasaran, Bauran Produk ini diharapkan dapat memberikan dan menuntun perusahaan di dalam menjalankan Strategi Perusahaannya. Misalnya Perusahaan dapat melakukan penambahan produk dengan cara menciptakan produk baru atau penarikan produk yang di anggap kurang menguntungkan. Dengan demikian Perusahaan dapat meningkatkan volume pendapatan yang maksimal dan tetap menjadi pemimpin pasar yang unggul. Permasalahan ini juga dialami oleh Perusahaan Koperasi Peternak Sapi bandung Utara (KPSBU) Lembang, sebagai Perusahaan yang bergerak dibidang pemasaran susu sapi di kawasan Bandung Utara. Dimana susu sapi diperoleh dari para peternaknya, yang diambil di tempat penampungan (TPS) di kawasan Lembang. Susu sapi yang telah ada di Tempat Penampungan Sementara (TPS) selanjutnya dibawa ke Laboratorium untuk diperiksa Standar Quality yang telah ditentukan oleh Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara, sehingga siap untuk dipasarkan ke Distributor tepatnya, yaitu Internasional Pengolahan Susu (IPS), Agen, Eceran. Di Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang anggota peternaknya berperan sebagai pemasok barang atau produk utama (main product) yaitu Susu Sapi. Dan juga konsumen dari produk lain yang ditawarkan oleh Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang di juga sebagai produk pelengkap (support product), seperti unit pertokoan yang menyediakan berbagai macam kebutuhan kandang, sandang dan pangan. Unit pakanan ternak yang menawarkan macam-macam pakanan ternak. Unit perkreditan menawarkan jasa pinjaman berupa sapi atau uang tunai. Unit kendaraan menawarkan jasa pengangkutan pakanan ternak atau sapi, dan Unit pembibitan sapi menawarkan pembuatan intermedasi buatan gunanya untuk menciptakan bibit sapi yang unggul sehingga dapat menghasilkan susu sapi yang bermutu tinggi. Dari produk-produk yang dihasilkan tersebut, ada yang memberikan kontribusi penjualan yang cukup besar terhadap pendapatan secara keseluruhan. Keadaan seperti ini kiranya penting untuk diketahui oleh para manajemen pemasaran suatu perusahaan, dalam pengambilan kebijaksanaan dalam bidang pemasaran produk baru yang terdiri dari berbagai jenis, serta dapat menyusun strategi Bauran Produk yang tepat, sehingga dapat memaksimalkan hasil pendapatan secara keseluruhan.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9670

Actions (login required)

View Item View Item