TINJAUAN PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK DI BLANKWEAR CLOTHING BANDUNG

Fahmi Hermawan, Raesa (2007) TINJAUAN PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK DI BLANKWEAR CLOTHING BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan pertumbuhan perekonomian global dewasa ini sangat pesat. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan komunikasi dan hubungan antar negara menjadi mudah. Kerja sama di bidang ekonomi pun semakin ditingkatkan. Hal tersebut didukung dengan diadakannya perdagangan bebas atau pasar global diberlakukan. Dengan diberlakukannya perdagangan bebas tersebut maka akan menyebabkan arus produk yang masuk ke suatu negara maupun yang keluar akan lebih mudah dan jumlahnya banyak. Hal ini akan mendorong perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan produknya dan juga daerah pemasarannya menjadi luas. Dalam kondisi tersebut, perusahaan akan termotivasi untuk melakukan perluasan daerah pemasarannya yang tidak lagi melihat pasar lokal sebagai basis pemasaran produk, tetapi memandang pasar internasional sebagai pasar yang menguntungkan. Salah satu fakta yang menjadi pertimbangan suatu perusahaan memasarkan produknya di pasar internasional adalah harga-harga di pasar internasional lebih baik dibandingkan harga domestik. Selain itu, perusahaan berusaha untuk mengenalkan produknya ke luar negeri sehingga akan menambah pangsa pasar yang ada. Dalam rangka memasarkan produknya maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Selain produk-produk yang dibuat harus mempunyai kualitas yang baik dan memenuhi standar internasional sehingga bisa bersaing di pasar asing dengan produk para pesaing. Perusahaan pun harus menentukan strategi apakah yang cocok digunakan oleh BLANKWEAR CLOTHING. Untuk itu perusahaan harus dapat merancang kegiatan usaha khususnya kegiatan pemasarannya dengan baik dan terorganisasi, dimana perusahaan harus dapat menerapkan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari 4P (produk, price, place and promotion). Berbagai macam cara dilakukan oleh perusahaan untuk mendorong dan menarik konsumen agar tertarik teradap produk perusahaan dan melakukan proses pembelian. Sekarang ini setiap perusahaan dapat mempromosikan produknya dengan berbagai macam cara seperti iklan di media luar gedung, media cetak maupun media elektronik.. Beberapa macam kegiatan strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh setiap perusahaan, yakni diantaranya dengan melakukan kegiatan promosi yang terdiri dari Iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), penjualan tatap muka (personal selling) dan pemasaran langsung (direct marketing) dalam pelaksanaannya, perusahaan harus dapat menentukan bauran promosi mana yang akan dipilih dan digunakan sehingga bauran promosi yang dipakai dapat dijalankan dan berhasil meningkatkan volume penjualan. Promosi merupakan salah satu strategi yang sangat penting didalam menentukan tingkat volume penjualan, karena promosi penjualan merupakan bentuk kegiatan langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diukur untuk meningkatkan jumlah barang yang dibeli oleh konsumen. Melalui promosi, perusahaan dapat menarik pelanggan baru, mempengaruhi pelanggan untuk mencoba produk baru, mendorong pelanggan untuk membeli produk lebih banyak, meningkatkan impulse buying (pembelian tanpa direncanakan sebelumnya). Atau mengupayakan kerjasama yang lebih erat dengan pengecer sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Bagi BLANKWEAR CLOTHING memasarkan suatu produk merupakan hal yang penting. Strategi pemasaran yang digunakan di pasar merupakan hal yang berpengaruh terhadap hasil penjualan yang diinginkan. Dalam menentukan strategi pemasarannya BLANKWEAR CLOTHING menganalisis segala keunggulan dan kelemahan yang dialami oleh perusahaan.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Manajemen Pemasaran > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen Pemasaran (D3)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9684

Actions (login required)

View Item View Item