Pengaruh Pemberdayaan Masyarakat terhadap Produktivitas Karang Taruna Desa Sukamenak Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung

Zulfahri, (2016) Pengaruh Pemberdayaan Masyarakat terhadap Produktivitas Karang Taruna Desa Sukamenak Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh produktivitas karang taruna yang belum optimal, program-program karang taruna yang sedikit terlaksana, pemberdayaan terhadap anggota karang taruna kepuasan pemberdayaan yang masih kurang, fasilitas masih belum optimal, Pemerintah Desa masih belum optimal dari segi informasi, keuangan, manajerial. Hal tersebut merupakan suatu fenomena yang masih terjadi pada pemberdayaan masyarakat khususnya anggota karang taruna Desa Sukamenak Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Teori pemberdayaan (X) yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dari Aileen Mitchell Stewat yakni Empowering People: pemberdayaan sumber daya manusia yang meliputi enabling, facilitating, consultating, collaborating, mentoring dan supporting. Sedangkan pada produktivitas (Y) teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menurut Sedarmayanti. Metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi dan wawancara. Sedangkan penentuan responden secara sampling jenuh yang ditujukan kepada anggota karang taruna Desa Sukamenak yang berjumlah 30 responden. Angket digunakan dalam penelitian melalui skala likert dan data selanjutnya dinalisis dengan teknik path analysis melalui regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat kepada karang taruna berpengaruh secara signifikan atau positif terhadap produktivitas. Dalam pemberdayaan dilihat melalui enam dimensi pendukung yang secara simultan maupun parsial. Dimensi variabel yang paling dominan terdapat pada variabel consultating dengan nilaithitung (42,90) ≥ttabel (2,971) dan nilai Fhitung sebesar 31.774 lebih besar dari nilai ttabel dengan nilai .000b lebih kecil dari 0.05. Serta diperoleh R square sebesar 0.760 artinya pengaruh pemberdayaan masyarakat terhadap produktivitas 76,0% sedangkan 24% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat, Produktivitas.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item