TINJAUAN TENTANG KEUNGGULAN KOMPETITIF PRODUK KARTON BOX DI DIVISI CORRUGATED, PT. PINDO DELI PULP AND PAPER KARAWANG

Jahara, Maya (2007) TINJAUAN TENTANG KEUNGGULAN KOMPETITIF PRODUK KARTON BOX DI DIVISI CORRUGATED, PT. PINDO DELI PULP AND PAPER KARAWANG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kerja praktek merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Mata Kuliah Kerja Praktek bagi seluruh mahasiswa Universitas Komputer Indonesia khususnya Jurusan manajemen Pemasaran Program Diploma 3 pada semester V, dalam melakukan Kerja Praktek ini diharapkan mahasiswa memperoleh wawasan secara luas dan akan mengenal dunia kerja yang sebenarnya juga menambah kemampuan dan pengetahuan, dalam membuat laporan Kerja Praktek ini, penulis memilih Kerja Praktek di PT. Pindo Deli Pulp And Paper Mills II Karawang di Divisi Corrugated tepatnya di Departemen Marketing. Dalam sektor Industri, kemasan memegang peranan penting untuk mendapatkan kemasan yang baik sangat tergantung dari jenis bahan kemasan yang digunakan. Bebagai persyaratan bahan kemasan harus dapat dipenuhi dengan baik, sehingga kemasan yang dihasilkan dapat berfungsi melindungi produk yang dikemas dari pengaruh lingkungan, tidak bereaksi dengan produk yang dikemas, ataupun tidak beracun serta aman selama proses pengangkutan. Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis bahan kemasan antara lain, kertas/karton, plastik, kaleng dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis bahan kemasan tersebut, jenis bahan kemasan kertas/karton, plastik dan kaleng paling banyak digunakan di Indonesia. Melihat pentingnya peranan kemasan yang baik dan disenangi oleh konsumen seperti kemasan-kemasan harus mudah dibuka, harus mudah untuk dipakai lagi. Kemudian untuk memudahkan memindahkan dan mengangkut barang-barang perlu juga packing yang baik. Begitu penting arti kemasan baik bagi konsumen, maupun bagi produsen, maka karakteristik kemasan harus dirancang sebaik mungkin oleh produsen setahap demi setahap melalui proses keputusan seperti, menetapkan konsep tentang kemasan tentang bentuk, fungsi memberi perlindungan tampilan produk, mengidentifikasi kualitas dan sebagainya. Kemudian ditetapkan bahan kemasan, sesuai dengan tujuan ukuran, bentuk, warna, tulisan, logo merek, panjang pendek tulisan, kata-kata yang dipakai, kedap air,semua harus diselaraskan dengan isi produk didalamnya. Setelah kemasan dirancang lalu diadakan uji coba beberapa tes seperti: Uji teknis, untuk memastikan apakah kemasan dapat berubah kena sinar matahari, tidak luntur kena gesekan, betul-betul bisa melindungi isi produk. Uji Visual, dalam arti tulisan dapat dibaca dan warna yang dipakai selaras. Uji penyalur harus diperhatikan kemudahan penanganan, dalam saat menyalurkan tidak menimbulkan masalah, artinya mudah dibagi-bagi karena ada berbagai ukuran kemasan, berbagai bahan kemasan, Dan terakhir Uji konsumen tentang daya tarik kemasan untuk menanyakan kepada kemasan, ukuran, perlindungan isi, mudah dibawa, prestise, terkesan ekslusif dan sebagainya

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Manajemen Pemasaran > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen Pemasaran (D3)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:46
Last Modified: 16 Nov 2016 07:46
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9771

Actions (login required)

View Item View Item