Pengaruh Implementasi Kebijakan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Terhadap Efektivitas Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Di Kota Bandung

Ch D Lumanuh, Victor (2016) Pengaruh Implementasi Kebijakan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Terhadap Efektivitas Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Di Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bandung pada tahun 2014 baru mencapai 12,14%. Belum tercapainya pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 30% dari luasan total wilayah Kota Bandung mengindikasikan bahwa pemanfaatan RTH di Kota Bandung belum terealisasi secara efektif. Belum efektifnya pemanfaatan RTH ini berkaitan erat dengan implementasi kebijakan RTRW yang belum berjalan secara optimal. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari implementasi kebijakan (X) dengan menggunakan teori Grindle. Grindle mengungkap bahwa keberhasilan implementasi kebijakan dipengaruhi oleh isi kebijakan dan konteks kebijakan, sedangkan untuk variabel efektivitas (Y) menggunakan teori Tangkilisan. Tangkilisan mengungkap bahwa keberhasilan efektivitas dapat dilihat melalui tujuan organisasi dan pelaksanaan fungsi atau cara mencapai tujuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Di samping itu, jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dan informasi penelitian dilakukan melalui studi pustaka, angket, observasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 orang yang diperoleh melalui Proportionate Random Sampling. Uji statistik penelitian menggunakan korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinan dan uji signifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel implementasi kebijakan RTRW (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pemanfaatan RTH (Y) dengan koefisien determinan sebesar 57,76% dan sisanya 42,24% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Efektivitas, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Ruang Terbuka Hijau (RTH)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item