PELAKSANAAN PENGEMBANGAN PRODUK SUSU PASTEURISASI CUP PADA KUD SARWA MUKTI CISARUA KABUPATEN BANDUNG

Pahrudin, Jenal (2007) PELAKSANAAN PENGEMBANGAN PRODUK SUSU PASTEURISASI CUP PADA KUD SARWA MUKTI CISARUA KABUPATEN BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, koperasi merupakan salah satu sektor ekonomi yang mendapat perhatian khusus. Koperasi sebagai salah satu pelaku ekonomi, disamping Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), diharapkan dapat berperan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Koperasi merupakan suatu badan usaha yang diharapkan paling cocok dengan kepribadian bangsa Indonesia. Koperasi sebagai wahana ekonomi rakyat perlu di perkokoh dan di mantapkan secara terus-menerus melalui upaya dan langkah-langkah pembinaan serta pengembangan yang lebih intensif dan terpadu. Pemerintah dalam hal ini berkewajiban memberikan pengarahan dan bimbingan serta menciptakan iklim usaha yang sehat bagi pertumbuhan ekonomi. Hal ini penting agar koperasi mampu berperan dalam membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi sehingga dapat memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya serta masyarakat pada umumnya. Berangkat dari pemikiran di atas, maka KUD sarwa mukti sebagai salah satu bentuk koperasi yang mengelola unit usaha sapi perah atau susu segar, merasa perlu untuk melakukan pengembangan unit usaha. Salah satu unit usaha yang paling dominan aktifitasnya dan menjadi andalan KUD sarwa mukti adalah unit usaha sapi perah atau susu segar. Sebelum mengelola pengeolahan produk susu pasteurisasi cup, unit ini hanya mengelola pemasaran produk susu segar hasil produksi anggota peternak untuk di salurkan ke Industri Pengolahan Susu (IPS) di jakarta. Pendirian unit pasteurisasi susu cup ini di dasarkan pada kondisi yang ada yaitu untuk mengatasui kelebihan produksi susu agar tidak terbung percuma dan melihat potensi yang dapat di kembangkan dari produk susu segar tersebut, karena susu segar memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Peluang untuk mengoptimalkan pengembangan produk susu pasteurisasi cup tersebut, di perkirakan sangat baik. Hal ini dapat di lihat dari bayaknya konsumen yang membutuhkan susu seperti konsumen rumah tangga.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:46
Last Modified: 16 Nov 2016 07:46
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9841

Actions (login required)

View Item View Item