PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL BANK NAGARI BPD SUMBAR

Ramo Nanda, Heldo (2007) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL BANK NAGARI BPD SUMBAR. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bank adalah suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai penyimpanan benda-benda berharga, membiayai usaha perusahaan – perusahaan, dan lain lain. (A Abdurrachman : Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perbankan) Pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia boleh dikatakan dimulai pada tahun 1602, didirikannya VOC (Verenigde Oost Indische Companij). Pada akhirnya terbentuk dua wilayah yakni daerah Republik yang dikuasai oleh RI dan daerah federal di wilayah RI yang dikuasai Belanda. Masing-masing daerah mengalami perkembangan. Pada masa itu muncul dua bank pemerintah, yaitu Bank Negara Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia. Bank Nagari BPD Sumbar merupakan bank daerah yang didirikan oleh pemerintah daerah bersama dengan pihak swasta, bertujuan untuk membantu mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah di segala bidang. Bank Nagari telah berdiri sejak tanggal 12 Maret 1962, dengan nama “Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat”, dan telah melayani masyarakat Sumatera Barat baik yang berada di wilayah Sumbar maupun yang berada di luar wilayah Sumbar. Seiring perkembangannya, pada tahun 1996, Pemerintah Daerah Sumatera Barat mengeluarkan Peraturan Daerah No.2 tahun 1996 yang berisi tentang perubahan penyebutan / nama panggilan Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat dari BPD Sumbar menjadi Bank Nagari . Karena itulah, sampai sekarang identitas Bank Nagari menjadi rancu, permasalahannya adalah setelah perubahan nama, maka nama baru langsung ditempel pada logo Bank yang lama tanpa memperhitungkan nilai / ilmu brand yang diperlukan untuk membangun sebuah identitas perusahaan. Setelah dilakukan analisa terhadap logo Bank Nagari dengan melakukan analisa SWOT, maka disimpulkan bahwa banyaknya kekurangan yang terdapat pada logo Bank Nagari yang sekarang. Mengingat umur Bank yang sudah lama dan perubahan zaman, serta mempertimbangkan makna logo gram yang masih bermakna semangat kemerdekaan, maka logo Bank Nagari sudah tidak layak lagi untuk dipakai sebagai identitas sebuah bank.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:46
Last Modified: 16 Nov 2016 07:46
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9875

Actions (login required)

View Item View Item