ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK BIJIH PLASTIK MENGGUNAKAN METODE TARGET PROFIT PRICING PADA CV. HAMDALAH PLASTIK-BANDUNG

Septiady, Rony (2007) ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK BIJIH PLASTIK MENGGUNAKAN METODE TARGET PROFIT PRICING PADA CV. HAMDALAH PLASTIK-BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan perindustrian di Indonesia saat ini mengalmi peningkatan ,terlebih pada sektor industri kecil yang bergerak di bidang jasa atau perdagangan. Hal ini tidak lepas tanpa adanya dukungan dari pemerintah terhadap jaminan keamanan dan kenyamanan investor lokal maupun mancanegara untuk menanamkan modal kerjanya. Tentu saja hal ini merupakan pemicu pertumbuhan ekonomi mikro dan makro pada umumnya, sehingga tercapainya perekonomian yang kondusif di Indonesia dapat terwujud. Terlepas dari hal itu penentuan harga jual produk suatu perusahaan baik jasa maupun dagang merupakan salah satu modal utama untuk meningkatkan daya saing dari sebuah transaksi penjualan. Hal ini tercermin dari ketatnya persaingan industri untuk berlomba-lomba dalam menentukan strategi pasar guna mendapatkan penjualan dan permintaan terhadap produk yang dihasilkan. Penentuan harga merupakan strategi yang cukup efektik karena selain banyaknya pesaing dengan jenis produk yang sama, juga semakin banyaknya produk substitusi yang ditawarkan berbagai perusahan. Tentu saja hal ini semakin memperketat persaingan antar industri di Indonesia pada khususnya. Berbagai cara baik dari segi pemasaran, kualitas dan kuantitas produk juga ditingkatkan pihak manajemen perusahaan. Oleh karena itu penentuan harga dari sebuah produk yang dikeluarkan perusahaan harus benar-benar diperhitungkan oleh pihak manajemen perusahaan tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas produk. Hamdalah Plastik adalah sebuah industri kecil yang berbentuk CV dan bergerak dalam pembuatan bijih plastik. Perusahaan ini mengolah sampah plastik yang berbahan baku jenis PP untuk diolah menjadi bijih plastik, yang selanjutnya diproses dan digunakan oleh industri-industri dalam pembuatan produk yang berbahan dasar plastik, seperti tali rapia, kantong plastik dan lain-lain. Perusahaan ini mempunyai potensi yang sangat baik untuk dikembangkan, karena masih terbatasnya jumlah perusahan sejenis dengan jumlah permintaan bijih plastik yang semakin meningkat. Permasalahan yang dimiliki CV. Hamdalah Plastik dalam persaingan dengan perusahaan lain adalah penentuan harga jual produk dan laba yang diterima perusahaan. Saat ini penentuan harga jual produknya didasarkan pada perkiraan dan mengikuti harga yang ditawarkan oleh pihak yang membutuhkan, yaitu perusahaan pembuat produk plastik dan tali rapia. Hal ini mengakibatkan harga yang diberikan terkadang tidak mampu menutupi ongkos produksi yang dikeluarkan dan target laba yang ditetapkan. Tentu saja hal ini menyebabkan terjadinya kerugian terhadap perusahaan akibat lebih tingginya ongkos produksi dibandingkan dengan nilai jual produk yang ditawarkan. Sebaliknya terkadang penetapan harga jual produk yang ditawarkan perusahaan terhadap konsumennya lebih tinggi dari harga pasar, sehingga perusahaan mengalami penurunan permintaan akan produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:46
Last Modified: 16 Nov 2016 07:46
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9894

Actions (login required)

View Item View Item