PENGARUH VOLUME PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN LABA BERSIH PADA CV. AHRS (Asep Hendro Racing Sport) CABANG GARUT

Setiawan, Iwan (2007) PENGARUH VOLUME PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN LABA BERSIH PADA CV. AHRS (Asep Hendro Racing Sport) CABANG GARUT. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini tingkat persaingan dalam dunia usaha semakin tinggi dan hanya badan usaha yang memiliki kinerja atau performa yang baik yang akan bertahan. Dalam persaingan usaha yang semakin kompetitif perusahaan dituntut untuk semakin efisien dalam menjalankan aktivitasnya terlebih dalam kondisi ekonomi saat ini yang penuh dengan ketidakpastian dimana krisis ekonomi yang melanda Indonesia sangat berat dan merusak segala sektor dari perekonomian sehingga perlu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Dengan semakin banyaknya pesaing dalam dunia usaha yang sama membuat konsumen akan mempunyai banyak pilihan yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan sehingga konsumen akan lebih selektif dalam menentukan pilihan produk yang diinginkannya. CV. AHRS (Asep Hendro Racing Sport) adalah sebuah perusahaan perseorangan yang bergerak dalam bidang konveksi Racing Equipment (peralatan motor balap dan produk pendukung balap serta aksesoris motor). CV. AHRS didirikan untuk memenuhi kebutuhan motor balap dan aksesoris motor baik yang dipasarkan didalam negeri maupun diluar negeri. Dalam suatu perusahaan, permasalahan yang paling berat dihadapi adalah masalah penjualan produk perusahaan, baik produk perusahaan yang berupa barang atau jasa. Penjualan produk ini memerlukan perhatian yang khusus sehingga dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh suatu perusahaan dimana CV. AHRS di tahun 2002 pernah mengalami suatu kejadian yaitu volume penjualan tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan sehingga berpengaruh terhadap laba. Pada saat itu perusahaan memproduksi suatu produk baru tetapi perusahaan kurang dalam mempromosikannya, sehingga penjualan tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Kegiatan penjualan adalah salah satu faktor penentu atas perolehan laba yang optimal sehingga kontinuitas perusahaan terjamin dengan perkembangan perusahaan yang diharapkan akan terus meningkat. Dalam setiap penjualan harus ada perencanaan dan strategi serta kerjasama antara bagian yang terkait untuk dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Penjualan dapat dijadikan sebagai alat penunjang membayar segala beban yang menjadi tangungan dalam setiap kegiatan operasional. Dalam mengatasi persaingan sekarang ini, setiap perusahaan selalu dituntut untuk memaksimalkan kualitas produksi barangnya dan setelah barang tersebut telah selesai diproduksinya, perlu adanya sistem penjualan dan pemasaran yang baik dan tepat agar dapat memenuhi kebutuhan para konsumen serta menjaga agar para konsumen tetap menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Agar perusahaan dapat mencapai tujuan tersebut, perusahaan perlu menentukan suatu strategi pemasaran salah satunya adalah strategi dalam promosi sebagai upaya meningkatkan laba yang optimal. Hal ini sejalan dengan persaingan yang semakin ketat mendorong perusahaan untuk mempromosikan produk yang ditawarkan agar dapat meningkatkan penjualan. Terobosan yang diambil merupakan suatu langkah yang dapat memberikan keuntungan serta kemudahan bagi kedua belah pihak. Untuk itulah perusahaan memutuskan untuk menambah sistem penjualan produknya dengan melakukan saluran distribusi yang mana merupakan salah satu unsur marketing yang penting bagi perusahaan didalam menyalurkan barangnya ke tangan konsumen sehingga diharapkan adanya peningkatan penjualan yang sangat menguntungkan bagi perusahaan. Perolehan laba perusahaan salah satunya dipengaruhi oleh faktor penjualan, selain itu faktor lain yang mempengaruhi besarnya laba perusahaan adalah harga jual dari produk tersebut. Harga jual merupakan masalah tersendiri yang harus dapat perhatian dari pihak manajemen karena dengan harga jual yang wajar maka target penjualan akan tercapai dan perusahaan akan memperoleh laba sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:46
Last Modified: 16 Nov 2016 07:46
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9977

Actions (login required)

View Item View Item