PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK CLOTHING MEREK BOUNJUOR DI BEKASI.

Dharmawan, Mandra (2007) PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK CLOTHING MEREK BOUNJUOR DI BEKASI. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan jaman pada saat ini, telah menyebabkan perilaku konsumen menjadi semakin komplek, karena banyaknya pilihan produk yang ditawarkan dipasaran. Lain halnya yang terjadi pada era sebelumnya, ketika konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian, konsumen tersebut hanya dihadapkan pada beberapa pilihan alternatif produk. Namun sekarang keadaannya jauh berbeda, karena kini ketika konsumen memutuskan akan melakukan pembelian, konsumen tersebut dihadapkan pada banyaknya pilhan alternatif produk yang sejenis, dan selain produk lama yang telah dikenal konsumen sebelumnya terdapat pula produk baru yang bahkan konsumen belum pernah mendengar produk tersebut sebelumnya. Dewasa ini salah satu jenis industri yang mengalami perkembangan pesat adalah industri pakaian, hal ini dapat dilihat dari semakin beragamnya jenis pakaian yang ditawarkan dipasaran melalui Clothing yang semakin hari semakin tumbuh dengan pesat. Dan sejalan dengan kemajuan di bidang industri pakaian saat ini telah banyak merek-merek pakaian yang dijual dipasaran demi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Clothing saat ini merupakan sektor usaha yang cukup diminati, Oleh karena itu sektor usaha ini dituntut untuk selalu mengamati perkembangan jaman dimana tingkat kebutuhan konsumen akan terus bertambah dan berkembang. Industri Clothing akan terus berkembang pesat begitu pula dalam sisi persaingan akan semakin ketat maka yang kuat dan siaplah yang akan mampu bertahan dalam industri ini. (Red Line, 2006). Begitupun pada sektor usaha clothing didaerah Bekasi dimana banyaknya bermunculan usaha-usaha clothing yang baru. Di Bekasi persaingan disektor usaha ini menjadi semakin ketat. Para pemilik Clothing belomba-lomba untuk coba memperoleh konsumen-konsumen baru yang potensial. Banyaknya produk sejenis yang bermunculan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu merek mempunyai peran yang penting sebagai pembeda produk yang satu dengan yang lainnya, selain itu merek juga sangat mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Konsumen akan menganggap bahwa merek yang baik akan mampu memenuhi kebutuhannya. Citra merek yang baik akan membuat konsumen melakukan pembelian atas produk atau jasa seketika tanpa pikir panjang. Karena citra merek yang baik akan memberikan konsumen tersebut rasa percaya diri yang tinggi. (Kartajaya, 2004 : 2). Salah satu merek pakaian yang telah dikenal di kawasan Bekasi adalah produk Bounjuor Dalam memasarkan produknya, Bounjuor Clothing selalu berusaha untuk menjaga kualitas produknya. Bounjuor Clothing juga terus berusaha untuk mempertahankan konsumen dan berusaha untuk tetap unggul di antara para pesaingnya yang menawarkan produk sejenis. Sehingga Produk Bounjuor Clothing dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, khususnya para remaja di Bekasi. Berdasarkan survey awal kepada 30 responden yang berada di Distro Chapter Bekasi yang merupakan Distro pemasaran produk Bounjuor Clothing 63,5% responden langsung ingat pada Bounjuor Clothing, hal tersebut dikarenakan produk Bounjuor Clothing sudah cukup dikenal di Bekasi. Sedangkan 36,5% responden tidak langsung ingat pada Bounjuor Clothing karena banyaknya merek-merek clothing lain di Bekasi sehingga konsumen mengalami kesulitan dalam mengingat masing-masing merek dari clothing tersebut. Selain itu, 47% responden tersebut membeli produk Bounjuor Clothing berdasarkan merek mengingat merek Bounjuor Clothing sudah cukup dikenal baik di Bekasi, dan 53% responden membeli berdasakan faktor lain. Hal ini menunjukan bahwa dari hasil survey sementara saaat ditanyakan tentang citra merek Bounjuor Clothing, mereka mengatakan langsung ingat karena Bounjuor Clothing sudah cukup dikenal. Namun saat mereka melakukan pembelian mereka membeli bukan atas dasar merek melainkan berdasarkan faktor lain. Kini yang patut dipertanyakan adalah bagaimana Brand Image Produk Bounjuor Clothing yang telah baik dibenak konsumen menurut survey sementara mempengaruhi dalam membuat keputusan dan melakukan pembelian, maka patut dipertanyakan pula apakah permintaan akan produk Bounjuor Clothing dipengaruhi oleh Brand Image dari produk Bounjuor Clothing Ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:46
Last Modified: 16 Nov 2016 07:46
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9987

Actions (login required)

View Item View Item