Customer Relationship Management (CRM) Di PT. Azizi Audhinia Wisata Tour Dan Travel

Lesmana, Sandi (2016) Customer Relationship Management (CRM) Di PT. Azizi Audhinia Wisata Tour Dan Travel. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

rupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa transportasi parawisata yang fungsi utamanya adalah untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam mendapatkan pelayanan jasa perusahaan. Perusahaan ini berpusat di Medan dan memiliki beberapa kantor cabang, salah satunya berada di Bekasi. Sebagai sebuah perusahaan dalam bidang transportasi PT.Azizi Audhinia Wisata perlu memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pelanggan. Pelanggan merupakan asset yang sangat penting bagi perusahaan. Hal ini adalah alasan mengapa perusahaan harus merencanakan dan menggunakan strategi yang cukup jelas. Maka masalah yang harus dihadapi adalah bagaimana menentukan pelanggan potensial dan tidak potensial. Dengan menerapkan konsep CRM (Customer Relationship Management). Tujuan dari proses identifikasi pelanggan adalah untuk mengetahui perilaku pelanggan dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, dengan media SMS Gateway untuk memberikan penawaran program-program perusahaan kepada pelanggan dengan tepat sasaran. Identifikasi pelanggan dapat dilakukan dengan cara mengelompokan pelanggan dari data transaksi pelanggan menggunakan metode RFM yaitu model berdasarkan atribut Recency, Frequency, dan Monetary, karena metode ini menilai dari Recency yaitu rentang waktu dari transaksi terakhir yang dilakukan oleh konsumen sampai saat ini, Frequency yaitu jumlah total transaksi atau jumlah rata-rata transaksi dalam satu periode, monetary yaitu jumlah rata-rata nilai pembelian konsumen dalam satuan waktu. Berdasarkan hasil pengujian dapat diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dibangun dapat mempermudah perusahaan dalam menentukan pelanggan potensial dan tidak potensial agar pemasaran yang diberikan perusahaan lebih terarah dan tepat, sehinggan diharapkan dapat menjaga dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM), Metode RFM
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:36
Last Modified: 16 Nov 2016 07:36
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item