Implementasi Augmented Reality Dengan Metode Face Detection Sebagai Media Promosi Helm Di Toko Zona Helm

Lieson, Robin (2016) Implementasi Augmented Reality Dengan Metode Face Detection Sebagai Media Promosi Helm Di Toko Zona Helm. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Toko Zona Helm merupakan salah satu toko penjualan helm yang menjual berbagai macam merek dan model helm di daerah Kabupaten Bandung. Kesulitan toko Zona Helm dalam hal promosi yang masih menggunakan media poster dan pembicaraan verbal ini menyebabkan konsumen kurang berminat terhadap toko tersebut. Konsumen yang datang ke toko Zona Helm juga kesulitan dalam memilih model helm serta mencobanya satu persatu, meskipun toko ini telah melakukan kerjasama dengan distributor helm dan dapat melakukan pemesanan helm ke distributor sesuai keinginan konsumen. Salah satu solusi teknologi yang sedang berkembang sebagai media promosi adalah kaca virtual berbasis Augmented Reality. Penerapan media promosi berbasis Augmented Reality ini di toko Zona Helm adalah aplikasi kaca virtual helm, dimana konsumen seolah-olah mencoba model helm yang dijual di toko tersebut. Aplikasi ini menggunakan metode deteksi wajah dengan menggunakan haar cascade classifier. Haar Cascade Classifer merupakan metode yang menggunakan teknik sliding windows untuk mendeteksi fitur-fitur wajah pada gambar atau frame-frame dari webcam. Pengujian yang telah dilakukan pada aplikasi kaca virtual helm ini berupa pengujian alpha, beta, dan akurasi. Hasil pengujian alpha menunjukan bahwa aplikasi ini sudah berjalan sesuai dengan fungsionalitas aplikasi. Hasil pengujian akurasi menunjukkan bahwa aplikasi ini masih memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya objek 3D helm, baik dari segi jarak, cahaya maupun sudut gerak wajah. Pengujian beta yang telah dilakukan menggunakan kuesioner terhadap 30 responden dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi ini cukup menarik minat responden dan memudahkan konsumen dalam memilih helm serta mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Helm, Augmented Reality, Kaca Virtual, Media Promosi, haar cascade classifier.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item