Pengaruh Ekuitas Merek Blackjack Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Blackjack 21 Industries Bandung

Tri Randini, Zulmi (2010) Pengaruh Ekuitas Merek Blackjack Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Blackjack 21 Industries Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, persaingan semakin ketat antara perusahaan yang satu dengan perusahan yang lain yang memproduksi produk sejenis. Untuk itu suatu organisasi atau perusahaan selalu melakukan hubungan dengan masyarakat konsumen terutama pelanggan dalam hal ini sangatlah penting di karenakan semakin luasnya ruang lingkup hubungan antar masyarakat. Setiap organisasi atau perusahaan akan di hadapkan langsung pada pelanggan yang berbeda yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda. Seperti halnya yang terdapat dalam kutipan Freddy Rangkuti ( 2002 : 6 ) mengemukakan bahwa alasan penting lainnya untuk mengelola dan mengembangkan merek adalah merek lebih bermakna dari pada sekedar produk. Hal ini di karenakan merek �¢���� merek mengandung nilai �¢���� nilai yang bersifat tidak tampak (intangible) emosional, keyakinan, harapan serta masukan dari konsumen. Banyaknya pilihan produk membuat konsumen lebih cenderung menjatuhkan pilihan sesuai dengan persepsi mereka terhadap merek �¢���� merek tertentu yang menjadi favorit mereka. Salah satu aset berwujud adalah ekuitas yang diwakili oleh merek bagi banyak perusahaan. Merek adalah segala yang di wakilinya merupakan aset yang paling penting karena dasar keuntungan kompetitif dan sumber hasil masa depan. Semakin kuat kualitas merek suatu produk, semakin kuat daya tariknya untuk 2 menggiring konsumen memilih produk tersebut. Mengelola ekuitas merek dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Karena itu, perusahaan yang memiliki merek yang kuat dapat lebih merebut bisnis yang ada di banding perusahaan yang tidak memiliki merek yang kuat. Ekuitas merek mempengaruhi secara langsung efektifitas pengelolaan merek dalam jangka panjang yang diterjemahkan dalam keputusan �¢���� keputusan pemasaran. Aktivitas perusahaan dalam rangka pemasaran secara potensial dapat mengubah pemahaman konsumen mengenai merek tertentu. Berdasarkan ekuitas merek menjadi sangat penting ketika membuat keputusan pemasaran untuk mempertimbangkan bagaimana perubahan �¢���� perubahan aspek tersebut. Disamping produk dengan merek yang sudah terkenal banyak konsumen beranggapan dengan membeli merek yang sudah terkenal kualitas yang dimiliki akan jauh lebih baik, dengan begitu kualitas produk juga menjadi salah satu pertimbangan untuk konsumen melakukan keputusan pembelian Merek menjadi sangat strategis bagi suatu perusahaan dimana merek merupakan seni dan bagian paling penting dalam pemasaran. Perusahaan yang mampu mengembangkan merek akan mampu mempertahankan serangan dari para pesaing. Ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabiltas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurang nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan perusahaan. (Freddy Rangkuti, 2002 : 9) 3 Artinya ekuitas merek adalah efek diferensiasi yang positif yang dapat diketahui dari respon konsumen terhadap barang atau jasa, sehinga dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Salah satu bisnis yang berkembang saat ini adalah bisnis industri clothing dan distro (distribution store) yang menjamur di setiap daerah terutama di Bandung. Di Bandung sendiri terdapat beberapa clothing dan distro yang bergerak dalam penjualan pakaian seperti kaos, sweater, jacket, sandal, sepatu, tas dan lain sebagainya. Seperti halnya pada blackjack 21 industries merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pakaian jadi. Blackjack 21 industries saat ini merupakan sebuah perusahaan yang menjadi market follower di antara clothing-clothing yang sudah lebih awal berdiri dan mempunyai nama terlebih dahulu seperti clothing unkl347 dan clothing Ouval Research. Meskipun begitu blackjack distro (distribution store) sendiri mempunyai konsep yang berbeda dari para pesaingnya yang menjadikan blackjack 21 industries mempunyai keunggulan dari para pesaingnya, adapun konsep yang di usung blackjack 21 industries yaitu simple & ellegance. Sasaran konsumen blackjack 21 industries yaitu kalangan anak muda karena blackjack 21 industries lebih mengedepankan kebutuhan dan keinginan anak muda seperti desain yang beragam, bermacam-macam model produk sesuai dengan perkembangan zaman yang selalu di ikuti oleh blackjack 21 industries sehingga blackjack 21 industries dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan konsumen yang selalu berubah dan berkembang. 4 Sekarang mulai banyak bermunculan perusahaan clothing yang bergerak di bidang yang sama dengan merek yang berbeda, sehingga blackjack 21 industries mempunyai pesaing-pesaing yang harus di perhatikan karena dapat menjadi ancaman bagi blackjack 21 industries sendiri, banyak cara dan upaya yang dilakukan oleh blackjack 21 industries untuk mempertahankan konsumennya. Salah satu cara yang harus di lakukan oleh blackjack 21 industries yaitu mempertahankan ekuitas merek, maka konsumen yang ada dapat lebih mengenal blackjack 21 industries. Fenomena munculnya perusahaan-perusahaan clothing yang sejenis dengan merek yang berbeda baik yang bertujuan untuk mengganjal pesaing saudara tuanya di berbagai kategori produk (fighting brand) merupakan suatu strategi perusahaan yang diciptakan guna menekan pesaing. Akan tetapi berdampak negatif terhadap keputusan pembelian konsumen. Karena yang terjadi adalah konsumen khususnya anak muda yang fikirannya selalu terbuka dengan perubahan-perubahan dan perkembangan sehingga mereka mencari informasi baik melalui media elektronik maupun media tulis dan mempunyai banyak pilihan sehingga membentuk kekuatan merek yang kurang baik terhadap produk dari suatu perusahaan. Meskipun konsumen khususnya anak muda menganggap merek blackjack sudah mereka kenal baik karena sudah lamanya mereka berdiri dan seringnya menjadi sponsor beberapa acara yang berhubungan dengan dunia anak muda seperti acara musik di media elektronik maupun media cetak, selain itu produk tersebut sering mereka beli, tidak menjamin untuk mereka hanya mengkonsumsi sandang baik itu 5 pakaian, sandal, tas, dan sebagainya dengan merek blackjack saja. Mereka menginginkan perbandingan kualitas, desain, style, kehandalan dalam menjual produknya, layanan purna jual yang diberikan kepada konsumen oleh satu merek clothing dengan merek clothing lainnya. Berdasarkan survey awal yang dilakukan terhadap 30 responden di lapangan yang melakukan pembelian di blackjack 21 industries, 30 % menyatakan membeli produk blackjack karena merek blackjack mudah diingat dan kualitas produk yang baik serta desain produk yang berbeda dengan merek lain, produk blackjack simple dan elegance sehingga konsumen mudah mengenal merek blackjack di setiap produknya. Sekitar 20 % responden menyatakan bahwa mereka memilih membeli produk blackjack dikarenakan mereka sudah terbiasa menggunakan produk merek blackjack karena sesuai dengan keinginan mereka dalam berpakaian, dan harganya pun sesuai dengan dengan kantong mereka sebagai anak muda yang masih berstatuskan pelajar maupun mahasiswa bahkan mereka yang sudah bekerja sekalipun. Sedangkan sisanya 50 % responden menyatakan dalam membeli produk pakaian tidak hanya membeli satu merek saja, tetapi membeli beberapa merek produk lain, karena keyakinan pembeli tersebut pada merek blackjack kurang begitu baik dibandingkan dengan merek lain yang memiliki nama baik di mata masyarakat, sama 6 halnya seperti yang diungkapkan oleh manager blackjack 21 industries bahwa terjadi penurunan penjualan produk blackjack, hal ini di karenakan merek blackjack kalah bersaing dengan merek-merek clothing yang sudah lebih awal berdiri dan mempunyai nama terlebih dahulu seperti clothing unkl347 dan Ouval Research. Berdasarkan uraian di atas menunjukkan bahwa terjadi kecenderungan penurunan penjualan produk blackjack yang di karenakan kalah bersaingnya merek blackjack di bandingkan dengan merek-merek clothing yang sudah lebih awal berdiri dan mempunyai nama terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada tabel berikut ini : Tabel 1.1 Data Survey Awal Jumlah Responden Alasan 30 % Responden Membeli produk blackjack karena merek blackjack mudah di ingat 20 % Responden Membeli produk blackjack karena mereka sudah terbiasa menggunakan produk blackjack 50 % Responden Membeli produk pakaian tidak hanya membeli produk merek blackjack saja Berikut adalah contoh kuesioner yang penulis ajukan pada saat melakukan survey awal : 7 1. Merek blackjack merupakan merek pakaian yang mudah untuk di ingat oleh konsumen. a. Sangat setuju c. Cukup e. Sangat tidak setuju b. Setuju d. Tidak setuju 2. Produk merek blackjack di kenal dengan desain yang berbeda dengan merek lain a. Sangat setuju c. Cukup e. Sangat tidak setuju b. Setuju d. Tidak setuju 3. Produk merek blackjack merupakan produk yang biasa anda beli a. Sangat setuju c. Cukup e. Sangat tidak setuju b. Setuju d. Tidak setuju Berdasarkan uraian yang di sampaikan diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam tentang ekuitas merek terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis ingin melakukan penelitian dengan judul �¢����Pengaruh Ekuitas Merek blackjack Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada blackjack 21 industries Bandung�¢����

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Ekuitas Merek Blackjack,Pembelian Konsumen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16257

Actions (login required)

View Item View Item