Pola komunikasi waria sebagai bentuk eksistensi diri : (studi deskriptif pola komunikasi waria sebagai bentuk eksistensi diri di lingkungan masyarakat Kota Bandung)

Sigit, Erwin (2012) Pola komunikasi waria sebagai bentuk eksistensi diri : (studi deskriptif pola komunikasi waria sebagai bentuk eksistensi diri di lingkungan masyarakat Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai Pola Komunikasi Waria Sebagai Bentuk Eksistensi Diri. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisa dari kebiasaan, cara berinteraksi, pertukaran informasi, pengetahuan, dan simbol yang digunakan.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif, yang menjadi subjek penelitian ini adalah Waria dilingkungan masyarakat kota Bandung yang menjadi informan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, studi pustaka, internet searching, serta dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu pengumpulan data, analisa data, pengeditan, dan yang terakhir adalah proses akhir analisis penelitian dan pembahasan yang didasarkan pada teori atau definisi yang digunakan.Hasil penelitian menunjukan dengan sub fokus kebiasaan, caraberinteraksi, pertukaran informasi, pengetahuan, dan simbol yang digunakan waria. Analisis pola komunikasi waria dilingkungan masyarakat kota Bandung sejauh ini ditanggapi positif.Kesimpulan dilihat dari sub fokus bahwa kebiasaan yang dilakukan waria tidak selalu berkaitan dengan hal negatif, cara berinteraksi mereka dengan masyarakat menggunakan dua pola komunikasi formal dan non-formal, pertukaran informasi yang dilakukan waria di Kota Bandung pada umumnya menggunakan media perantara jejaring sosial, pengetahuan yang dimiliki waria didapat dilingkungan dan dunia pendidikan, simbol yang digunakan waria yaitu gesture serta aksesoris.Saran dari peneliti bagi waria di lingkungan masyarakat Kota Bandung yaitu agar waria dapat berperan penting dan memberikan sumbangsih yang positif bagi diri sendiri dan untuk masyarakat, seperti aktif dalam organisasi sosial, berkarya di berbagai bidang yang dapat berguna bagi orang banyak dan berperilaku positif dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan, cara berinteraksi, pertukaran informasi, pengetahuan, simbol yang digunakan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16470

Actions (login required)

View Item View Item