Perancangan Alat Kendali Kemudi Sepeda Motor Pada Kecepatan Tinggi

Amudi M Lambok, Eldo (2010) Perancangan Alat Kendali Kemudi Sepeda Motor Pada Kecepatan Tinggi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keamanan dan kenyamanan anda dalam berkendaraan adalah impian bagi semua produsen dan konsumen kendaraan baik itu kendaraan roda empat (mobil) maupun roda dua (sepeda motor). Kenyamanan yang ditawarkan oleh produsen kendaraan bermotor biasanya sebanding dengan berapa jumlah rupiah yang kita keluarkan, semakin tinggi kelas kendaraan, semakin mahal juga harganya dan biasanya didukung dengan prioritas kenyamanan untuk pengendaranya. Kenyamanan dan sistem keamanan kendaraan biasanya diprioritaskan untuk kendaraan roda empat (mobil), tidak demikian dengan kendaraan roda dua (sepeda motor) misalnya seperti ini: pada saat mobil dengan kategori mewah melaju dengan kencang, secara otomatis keempat roda akan menjadi miring beberapa derajat keluar dari body, hal ini dimaksudkan agar kestabilan mobil pada saat melesat akan terjaga. Tetapi untuk sepeda motor dengan kategori standar (bukan motor sport), kestabilan saat melesat dengan kecepatan tinggi tidak jadi sebuah prioritas dan bukan tidak mungkin pada kecepatan tinggi stang motor menjadi sangat ringan yang mengakibatkan getaran kecil pada stang dan akan berakibat kecelakaan. Dalam tugas akhir ini penulis mencoba membahas topik keselamatan dan kenyamanan pengendara sepeda motor untuk kategori non sport, yakni melakukan sebuah metoda stabilisator yang dipasang pada stang motor yang bekerja berdasarkan kecepatan putaran roda, posisi koordinat stang dan dikontrol menggunakan basic stamp buatan parallax sebagai mikrokontrolernya. Stabilizer ini dirakit dari sebuah cakram yang dipasang pada stang motor lengkap dengan rumah kanvasnya, hal ini ditujukan untuk mengatur kestabilan stang pada saat melaju dengan kencang. Pada saat motor melaju dengan kecepatan rendah stang motor akan terasa ringan di gerakan belok kanan dan kiri, tetapi pada saat kecepatan bertambah menjadi sangat kencang, maka cakram yang ditanam pada stang akan bekerja secara linier, semakin kencang motor melaju, semakin berat pula menggerakannya. Sehingga stang motor menjadi stabil pada saat motor melaju dengan kecepatan tinggi. Dari pengerjaan tugas akhir ini, diharapkan teknologi keselamatan yang relatif mahal dan hanya diperuntukan untuk kendaraan �¢����mahal�¢���� saja akan diaplikasikan terhadap sepeda motor non sport yang kenyataannya lebih banyak digunakan sehingga diharapkan dapat menekan jumlah kecelakaan dan menambah kenyamanan pengendara sepeda motor tanpa harus membayar lebih mahal untuk itu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat Kendali Kemudi Sepeda Motor
Subjects: D3 Tugas Akhir > Teknik Komputer > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16543

Actions (login required)

View Item View Item