Peranan United Nation Children's Fund (UNICEF) Dalam Penanganan Masalah Pendidikan Dasar Di Jawa Barat (Studi Program Depdiknas Manajemen Berbasis Sekolah )

Hardian, Rendi (2010) Peranan United Nation Children's Fund (UNICEF) Dalam Penanganan Masalah Pendidikan Dasar Di Jawa Barat (Studi Program Depdiknas Manajemen Berbasis Sekolah ). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rendi Hardian (44305021). Peranan United Nations Children�¢����s Fund (UNICEF) dalam Penanganan Masalah Pendidikan Dasar di Jawa Barat (Studi Program DEPDIKNAS: Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung : Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia, 2010. Salah satu masalah yang dihadapi dalam pendidikan dasar di Indonesia, yang salah satunya di Propinsi Jawa Barat adalah sentralistik pendidikan. Untuk memecahkan masalah tersebut, Departemen Pendidikan Nasional yang dibantu oleh berbagai pihak, yang salah satunya United Nations Children�¢����s Fund (UNICEF), pada tahun 1999 membentuk program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Di Jawa Barat, United Nations Children�¢����s Fund (UNICEF) bekerjasama secara langung dengan Dinas Pendidikan Propinsi setempat, dan menjalankan program ini dalam 2 fase / tahapan. Berdasarkan permasalahan tersebut dirumuskan masalah �¢����Sejauhmana peranan United Nations Children�¢����s Fund (UNICEF) dalam Penanganan Masalah Pendidikan Dasar di Jawa Barat Melalui Program Manajemen Berbasis Sekolah?�¢���� Acuan terhadap permasalahan tersebut menggunakan metode analitis deskriptif yang berguna untuk menjelaskan variabel yang ada didalamnya, pengujian terhadap hipotesis dilakukan berdasarkan fakta dan data empirik yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan wawancara. Hipotesis yang diambil untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut adalah �¢����United Nations Children�¢����s Fund (UNICEF) berperan dengan memberikan bantuan teknis dan pendanaan dalam penanganan masalah pendidikan dasar di Jawa Barat melalui program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)�¢����. Teori yang dipakai dalam penulisan sekripsi ini adalah teori hubungan internasional, kerjasama internasional, organisasi internasional, dan teori tentang pendidikan. Hubungan internasional didefinisikan sebagai studi tentang interaksi antar beberapa aktor yang berpartisipasi dalam politik internasional, yang meliputi negara-negara, organisasi internasional, organisasi non-pemerintah, serta individu-individu. Berdasarkan perolehan data dapat disimpulkan bahwa United Nations Children�¢����s Fund (UNICEF) bersama-sama pemerintah Propinsi Jawa Barat telah berhasil menerapkan, menjalankan, serta mengatasi berbagai kendala yang timbul dalam menerapkan program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Selain itu, dalam kerjasamanya tersebut United Nations Children�¢����s Fund (UNICEF) memberikan bantuan berupa bantuan teknis dan pendanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: International Governmental Organizations (IGO), Pendidikan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16635

Actions (login required)

View Item View Item