Sistem Informasi Pengolahan Data Pelatihan Guru SMK Pada Balai Pelatihan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kejuruan (BPPTKPK) Jawa Barat

Kartiwi, Wiwi (2010) Sistem Informasi Pengolahan Data Pelatihan Guru SMK Pada Balai Pelatihan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kejuruan (BPPTKPK) Jawa Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelatihan Guru bagi SMK se-Jawa Barat merupakan program kegiatan bagi Balai Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kejuruan (BPTKPK) Jawa Barat. Pelatihan yang terdiri dari berbagai jenis pelatihan dengan beberapa angkatan per tahunnya menuntut BPPTKPK dapat meningkatkan kinerjanya dalam melakukan pengolahan data pelatihan. Data SMK se-Jawa Barat yang merupakan dasar pembuatan strategi pelatihan belum terintegrasi dengan baik dimana masih berupa arsip dan dokumen Microsoft Excel, sehingga cenderung semakin menghambat kinerja BPPTKPK dalam menyelenggarakan program-program pelatihannya. Oleh Karena itu dibutuhkan sebuah Sistem Informasi Pengolahan Data Pelatihan Guru SMK yang dapat menyimpan dan mengelola baik data SMK se-Jawa Barat maupun data pelatihan secara aman, efektif dan efisien sehingga dapat mengingkatkan kinerja BPPTKPK. Metode pengembangan sistem informasi pelatihan guru pendidikan kejuruan ini dibuat dengan menggunakan metode prototype dan alat pengembangan sistem berupa Flow Map (Bagan Alir Dokumen), Diagram Konteks (Contex Diagram), DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram). Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode penelitian dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka serta dokumentasi pelatihan. Implementasi program menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0 dengan database menggunakan SQL Server 2000. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang berbagai aktivitas pengolahan data pelatihan guru di BPPTKPK. Hasil dari penelitian ini adalah pemberian suatu alternatif sistem informasi pelatihan guru yang diharapkan dapat membantu mempermudah sekaligus meningkatkan kinerja BPPTKPK dalam menyelenggarakan program-program pelatihannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi,Pengolahan Data,Pelatihan Guru SMK,Pendidikan Kejuruan
Subjects: D3 Tugas Akhir > Manajemen Informatika > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16675

Actions (login required)

View Item View Item