Analisis Sentimen Terhadap Penilaian Customer Di PHD Karawitan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor

Hidayat Supratman, Taufik (2016) Analisis Sentimen Terhadap Penilaian Customer Di PHD Karawitan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PHD (Pizza hut delivery) menyediakan wadah untuk berbagi pengalaman customer berupa penilaian terhadap outlet PHD yang dikunjunginya yang dapat disalurkan melalui website www.halopizzaindonesia.com. Opini yang masuk akan didistribusikan ke masing-masing outlet PHD termasuk outlet PHD Karawitan. Outlet Manager ditugaskan untuk menghitung persentase penilaian kepuasan customer dengan cara mempelajari opini yang disampaikan oleh customer dan mengelompokkan penilaian kedalam beberapa klasifikasi yaitu opini puas dan opini tidak puas. Jumlah penilaian yang banyak membuat outlet manager mengalami kesulitan dikarenakan harus mengelompokkan opini satu persatu dari sekian banyaknya opini yang ada lalu menghitung persentase kepuasan customer secara manual. Untuk mempermudah pekerjaan outlet manager terutama khusus dalam pengelompokkan penilaian berupa opini customer, maka diperlukan suatu metode yang dapat menganalisis opini secara otomatis. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengelompokan opini yaitu dengan menggunakan metode analisis sentimen. Metode analisis sentimen yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan algoritma K-nearest neigbor. Tahapannya terdiri dari preprocessing, pembobotan kata, dan klasifikasi k-nearest neigbor. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian yang telah dilakukan algoritma k-nearest neigbor dapat diterapkan pada kasus penelitian customer di PHD Karawitan dan dapat membantu mempermudah outlet manager dengan pengelompokkan penilaian opini puas dan opini tidak puas secara otomatis serta dapat menghitung persentase opini tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: K-nearest neigbor, Opini, Pizza Hut delivery, PHD
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18108

Actions (login required)

View Item View Item