Implementasi Algoritma Gilbert Jhonson Keerthi Pada Simulasi Pembelajaran Fisika Momentum Dan Impuls

Darmawan, Chandra (2016) Implementasi Algoritma Gilbert Jhonson Keerthi Pada Simulasi Pembelajaran Fisika Momentum Dan Impuls. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fisika merupakan salah satu pilar utama ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan pemahaman mengenai fenomena alam serta kemungkinan aplikasinya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia. Cabang ilmu fisika sangatlah banyak salah satunya ialah momentum dan impuls, cabang ilmu ini dipelajari oleh siswa pelajar sma sebagai mata pelajaran wajib dari kurikulum, kebutuhan simulasi pada cabang ilmu ini cukup penting namun seperti pada sma pasundan 3 cimahi kurangnya fasilitas simulasi fisika menjadi masalah sendiri pagi pelajar dalam memperdalam ilmu fisika. Untuk dapat mensimulasikan kondisi benda dalam momentum dan impuls diperlukan sebuah algoritma yang dapat menentukan titik tumbukan pada convex shapes dan menghitung respon gerakan realistis untuk animasi komputer. salah satu algoritma yang dapat mensimulasikannya adalah algoritma gilbert jhonson kheerthi. Algoritma Gilbert Johnson Keerthi (GJK) merupakan algoritma yang digunakan dengan tujuan utama untuk menentukan jarak terdekat dari titik point antara dua convex shapes (bentuk cembung), tetapi dapat pula digunakan untuk menentukan apakah convex shapes tersebut berpotongan atau tidak. Di dalam simulasi momentum dan impuls, semua objek benda yang di buat pengguna akan memiliki besaran atau parameter momentum yang jika terjadi sebuah impuls akan terjadi perubahan parameter di setiap objeknya. Hal tersebut memerlukan sebuah algoritma yang mendukung perhitungan titik temu convex hull terhadap objek satu dengan objek lainnya saat terjadi tumbukan dan algoritma GJK diharapkan mampu menentukan jarak terdekat dari setiap convex hull (titik point) tersebut hingga mencapai titik temu saat terjadi tumbukan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, implementasi algoritma gjk pada simulasi fisika momentum dan impuls dapat mensimulasikan kondisi benda ketika terjadi impuls sehingga menghasilkan hasil yang mirip dengan kondisi aslinya. Kata kunci : Algoritma GJK, Convex shapes, Convex hull, Gjk, Simulasi, Fisika, Momentum, Impuls

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Algoritma GJK, Convex shapes, Convex hull, Gjk, Simulasi, Fisika, Momentum, Impuls
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20373

Actions (login required)

View Item View Item