Usulan Sistem Perawatan Terhadap Jalan Tol Padaleunyi Dengan Metode FMECA Di PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Bandung

Ferdiansyah Hasibuan, Daniel (2011) Usulan Sistem Perawatan Terhadap Jalan Tol Padaleunyi Dengan Metode FMECA Di PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Manajemen perawatan sangatlah diperlukan dan mempunyai peran yang sangat vitalbr / bagi sebuah perusahaan, mengingat dalam dunia industri kegiatan produksi tak lepasbr / dari penggunaan alat-alat atau mesin-mesin sebagai pendukung operasionalnya.br / Mesin mesin tersebut akan beroperasi sesuai dengan semestinya bila didukung olehbr / standar operasional dan perawatan yang benar, Guna mendukung kelancaranbr / operasional, maka diperlukan suatu manajemen perawatan yang meliputi daribr / perawatan ringan (pemeriksaan, setting) sampai kepada perawatan yang beratbr / (penggantian).br / PT Jasa Marga (Persero) Tbk didirikan tahun 1978 ketika jalan bebas hambatanbr / pertama yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor selesai dibangun. Denganbr / pertimbangan agar biaya pengoperasian dan pemeliharaan ruas jalan tersebut dapatbr / dilakukan secara mandiri tanpa membebani anggaran Pemerintah, Menteri Pekerjaanbr / Umum ketika itu, Ir. Sutami mengusulkan pendirian sebuah persero untuk mengelolabr / jalan tersebut. Terbitlah Peraturan Pemerintah No. 4 tahun 1978 tentang Penyertaanbr / Modal Negara Republik Indonesia untuk pendirian persero.br / Pada tugas akhir ini objek yang diteliti adalah jalan TOL padaleunyi yang terdiri daribr / area KM 120-159, sedangkan area KM kritis yang terpilih adalah area KM 150-155,br / KM 120-121, KM 135-137, dan KM 133-134. FMECA ( Failure Maintenance Effectsbr / Critical Analysis ) adalah metode yang sangat baik dalam membantu perusahaanbr / karena dengan metode ini perusahaan dapat mengidentifikasi kerusakan daribr / komponen mesin, mencari penyebab dan akibat potensial yang ditimbulkan serta efekbr / buruk lainnya dan juga dapat melakukan tindakan yang seharusnya dilakukan sesuaibr / prosedur atau metode dari FMECA itu sendiri.br / Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka didapatkan bahwa area KM kritisbr / yang menjadi prioritas perawatan adalah KM 150-155 dengan nilai RPN 1600 , KMbr / 120-121 dengan nilai RPN 1296, KM 133-134 dengan nilai RPN 1323 , dan KMbr / 135-137 dengan nilai RPN 1323.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Area KM kritis, manajemen perawatan, FMECA, RPN
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item View Item