Analisis Atas Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap kemauan Membayar Pajak (Survey Pada Wajib Pajak orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Di Kota Cianjur)

Maesaroh, Reni (2015) Analisis Atas Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap kemauan Membayar Pajak (Survey Pada Wajib Pajak orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Di Kota Cianjur). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Usaha ekstensifikasi dan intensifikasi pajak merupakan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan penerimaan negara secara mandiri. Hal ini tidak mudah, karena dituntut peran aktif dari petugas pajak, juga kesadaran dan kemauan dari wajib pajak itu sendiri. Kurangnya kemauan masyarakat membayar pajak tidak lepas dari minimnya pemahaman tentang peraturan perpajakan, maupun kesadaran wajib pajak itu sendiri terhadap pajak. Sikap wajib pajak menganggap bahwa pajak merupakan pengeluaran yang sia-sia. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menghambat dan mengurangi kemauan wajib pajak dalam membayar pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemahaman tentang peraturan perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kemauan membayar pajak di Kabupaten Cianjur. Responden dari penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan pekerjaan bebas,yaitu sebanyak 100 Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan metode analisis Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM - PLS). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu melalui kuesioner dan jenis penelitian ini digolongkan jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemahaman tentang peraturan perpajakn mempengaruhi kemauan membayar pajak dan (2) kesadaran wajib pajak mempengaruhi kemauan membayar pajak. Hal ini menunjukkan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman tentang peraturan perpajakan, Kesadaran wajib pajak, Kemauan membayar pajak.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20927

Actions (login required)

View Item View Item