Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah (SIMPATDA) Pada Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kota Bandung Dalam Mengingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung

Fauzan, Miftah and A and Fimbay (2012) Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah (SIMPATDA) Pada Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kota Bandung Dalam Mengingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh adanya penggunaan pelayanan Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah diperuntukan bagi pemerintahan khususnya Dinas Pendapatan Daerah selaku badan yang diberikan kewenangan untuk mengelolah pendapatan daerah, guna menunjang kinerja yang berhubungan dengan pendapatan dan retribusi daerah sehingga dapat tertata dengan rapih dan terealisasinya peningkatan PAD Kota Bandung. Penelitian ini difokuskan sampai sejauhmana terlaksananya Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah dalam meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pemungutan PAD. Teori yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan dari Edward III tentang faktor pendukung keberhasilan implementasi, yang terdiri dari empat indikator yang merupakan faktor penentu keberhasilan dari suatu implementasi, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan stuktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui studi pustaka, studi lapangan dan observasi serta dengan melakukan wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah aparatur Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung dengan menggunakan teknik sampling Purposive. Berdasarkan hasil penelitian pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung tentang pengelolaan pendapatan daerah melalui pelaksanaan kebijakan Sistem Informasi Manajemen Pendapatan (Simpatda) dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik, dimana Simpatda merupakan sistem informasi yang dapat membantu mengolah informasi dasar PAD menjadi bentuk-bentuk peralatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendaalian pemungutan PAD, terutama dalam hal komunikasi Simpatda merupakan alat yang dapat mempermudah komunikasi antara sub-sub bagian dalam mengelola pendapatan daerah, dimana bila dibandingkan dengan proses komunikasi sebelum pelaksanaan kebijakan Simpatda, yang lebih dikenal dengan nama Manual Pendapatan Daerah (Mapatda).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Sistem Informasi Manajemen, pendapatan Daerah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21811

Actions (login required)

View Item View Item