Pengembangan Learning Management System (LMS) Di SMK Putra Indonesia 1 Cicalengka

Rauzal (2015) Pengembangan Learning Management System (LMS) Di SMK Putra Indonesia 1 Cicalengka. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK Putra Indonesia 1 Cicalengka merupakan salah satu sekolah kejuruan swasta yang bertempat di Jalan Ir. H. Juanda Belakang, Desa Cikuya Cicalengka. Sistem pembelajaran online yaitu Learning Management System (LMS) yang ada saat ini merupakan sarana pelengkap atau pendukung proses belajar mengajar. LMS tersebut masih memiliki beberapa kekurangan yaitu belum memenuhi kebutuhan sisi pengguna guru dalam menganalisis kualitas setiap butir soal sehingga dalam menganalisis soal masih dilakukan secara manual dan LMS tersebut belum tersedia latihan yang berupa esai. Kendala lainnya yang dialami guru kesulitan dalam mengoreksi jawaban esai siswa, karena harus melakukan pengoreksian jawaban siswa secara satu persatu, sehingga memerlukan waktu yang lama. Berdasarkan masalah di atas, solusinya yaitu dengan melakukan pengembangan pada Learning Management System (LMS) pada SMK Putra Indonesia 1 Cicalengka. Pengembangan yang dilakukan yaitu Analisis butir soal yang berupa analisis tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal, serta pengoreksian esai otomatis dan pembobotan latihan esai dengan menggunakan algoritma Levenshtein Distance. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, observasi, wawancara dan kuesioner. Metode pembangunan perangkat lunak yaitu menggunakan metode Waterfall, untuk analisis perangkat lunak menggunakan model terstruktur yaitu Entity Relationship Diagram (ERD) untuk memodelkan data, dan Data Flow Diagram untuk memodelkan fungsional. Hasil pengujian sistem dengan menggunakan metode pengujian betha yaitu pengujian secara langsung kepada pengguna. Dari hasil pengujian menyimpulkan bahwa LMS yang telah dikembangakan dapat membantu guru dalam menganalisis butir soal dan memudahkan guru dalam melakukan koreksi jawaban esai siswa. Kata kunci : Learning Management System, (LMS), Analisis butir soal, pengoreksian esai otomatis, Levenshtein Distance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Learning Management System, (LMS), Analisis butir soal, pengoreksian esai otomatis, Levenshtein Distance.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23613

Actions (login required)

View Item View Item