Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Industri Keramik Kiara Condong Bandung

Muhammad Ikhsan, Wahyu (2015) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Industri Keramik Kiara Condong Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sentra Industri Keramik Kiaracondong mengalami penurunan pendapatan dan juga bila dibandingkan dengan sentra industri keramik lainnya posisi Sentra Industri Keramik Kiaracondong berada di tingkat bawah. Berdasarkan survei awal, hal ini disebabkan pada kurangnya orientasi kewirausahaan yang disebabkan mayoritas pengusaha tidak menggunakan teknologi terbaru dalam proses produksi, lalupada inovasi produk yang disebabkan kurangnya inovasi dalam setiap produk yang diproduksi dan kurangnya keunggulan bersaing yang terlihat pada posisi sentra keramik ini yang berada dibawah sentra keramik lainnya.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada Sentra Industri Keramik, Kiaracondong, Bandung.Populasi dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah para pengusaha keramik di Kiaracondong. Penentuan jumlah sampel menggunakan sampel jenuh karena jumlah pengusaha keramik yang terdapat di Kiaracondong kurang dari 30. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jawaban skala 1 (Sangat tidak setuju) sampai dengan 5 (Sangat setuju). Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menggaris bawahi bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan orientasi kewirausahaan dan inovasi produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Sebaiknya pemilik usaha keramik di Kiaracondong meningkatkan keunikan produk dan kualitas produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Kewirausahaan, inovasi produk, keunggulan bersaing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24463

Actions (login required)

View Item View Item