Membangun game tower defense the avenger Indonesia dan Pandawa Lima

Fakhri, Husnul (2013) Membangun game tower defense the avenger Indonesia dan Pandawa Lima. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Game dapat dibuat sebagai media untuk mendapatkan segala jenis informasi. Tak lepas dari itu, game juga bisa digunakan untuk mengenalkan atau melestarikan kebudayaan yang ada pada negara kita ini. Berbagai jenis game banyak digunakan untuk melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia. Namun jenis game tower defense sangat jarang digunakan untuk tujuan tersebut. Game tower defense merupakan game strategi yang saat ini cukup banyak variannya. Tetapi game tower defense saat ini hampir tidak ada yang menggunakan kecerdasan buatan di dalam implementasinya. Kecerdasan buatan menjadi poin penting di dalam sebuah game. Kecerdasan buatan akan menambah tantangan di dalam sebuah game. Game tower defense the Avenger Indonesia dan Pandawa lima ini melestarikan kebudayaan Indonesia dari segi karya sastra tokoh-tokoh fiksi yang pernah terkenal di Indonesia serta mengimprovisasi dengan gaya modern. Game tower defense ini juga memiliki musuh yang cerdas dengan menerapkan algoritma fuzzy pada musuh untuk memilih rute teraman, sehingga tantangan di dalam game semakin bertambah. Musuh akan memilih salah satu jalur yang menurutnya paling aman untuk dilalui, dengan melihat jumlah tower yang ada pada masing-masing jalur, kemudian memilih jalur yang memiliki jumlah tower paling sedikit. Setelah melalui tahap implementasi dan pengujian, hasil yang didapat menunjukkan bahwa game ini dapat digunakan untuk mengenalkan dan melestarikan kebudayaan Indonesia, yaitu tokoh pahlawan super khas Indonesia dan tokoh wayang Pandawa, serta mengatasi masalah game tower defense yang ada saat ini dengan menambah kecerdasan buatan untuk memilih jalur teraman, sehingga menambah tantangan yang ada di dalam game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tower defense, algoritma fuzzy, kecerdasan buatan, pahlawan super, Pandawa.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24509

Actions (login required)

View Item View Item