Pembangunan aplikasi game edukasi petulangan pulau pintar

Ridwan Kurniawan, Asep (2013) Pembangunan aplikasi game edukasi petulangan pulau pintar. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pembelajaran melalui game merupakan proses pembelajaran yang lebih menekankan pada penyajian bentuk permainan dengan muatan bahan pelajaran didalamnya. Sebagian besar program pembelajaran melalui game dikenalkan kepada para pendidik untuk mengatasi masalah seperti kurangnya kemandirian siswa akan proses belajar mengajar di sekolah. Pembelajaran melalui game juga bertujuan untuk memaksimalkan aktivitas belajar mengajar di sekolah antara peserta didik dan materi pelajaran dalam bentuk permainan karena adanya keterbatasan jam pelajaran di sekolah, sehingga siswa sulit memahami materi pelajaran pada saat di luar jam pelajaran sekolah. Oleh karena itu, diperlukan inovasi belajar bagi para siswa. Salah satu inovasi belajar tersebut adalah dengan menggunakan Game Edukasi Petualangan Pulau Pintar.Game Edukasi Petualangan Pulau Pintar ini menggunakan grafis 3 dimensi yang dilengkapi dengan materi bahasa Indonesia, matematika dan bahasa Inggris. Game ini berjenis petualangan yang tidak mengandung unsur kekerasan. Game ini juga mempunyai 4 level environment, dimana setiap level environment mempunyai materi yang berbeda sesuai dengan nama pulau tersebut. Algoritma yang digunakan dalam soal bahasa Indonesia untuk menyusun sebuah jawaban dari pertanyaan bahasa Indonesia adalah algoritma greedy, dimana algoritma digunakan untuk membentuk solusi langkah per langkah. Tools pemodelan perangkat lunak menggunakan UML. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C Sharp dan Javascript.Berdasarkan hasil dari pengujian sistem yang telah dilaksanakan maka Game Edukasi Petualangan Pulau Pintar dapat digunakan khusus untuk siswa kelas empat tingkat sekolah dasar dan dapat membantu siswa kelas empat dalam proses aktivitas pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Game Edukasi, Algoritma Greedy
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24581

Actions (login required)

View Item View Item