Pembangunan e-learning untuk pemrograman berorientasi objek

Agung Pambudi, Maulana (2013) Pembangunan e-learning untuk pemrograman berorientasi objek. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan terhadap beberapa buku referensi pemrograman berorientasi objek dan hasil kuisioner dari beberapa mahasiswa program studi teknik informatika di Universitas Komputer Indonesia yang telah mengambil mata kuliah pemrograman dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep pemrograman berorientasi objek dikarenakan perbedaan cara penulisan source code dalam buku referensi dengan cara penulisan yang digunakan dalam Integrated Development Environtment (IDE) yang ada seperti Netbeans atau Eclipse sehingga apabila mahasiswa ingin mencoba hasil dari contoh source code yang diberikan hasilnya selalu salah atau tidak dapat di compile. Atas dasar permasalahan tersebut perlu dibangun sebuah e-learning yang dapat memudahkan mahasiswa dalam proses belajar pemrograman berorientasi objek dengan mudah.Aplikasi e-learning untuk pemrograman berorientasi objek ini dibangun dengan mengimplementasikan metode asynchronous training dimana pembelajaran tidak dilakukan secara bersamaan artinya seseorang dapat mengambil pelatihan pada waktu yang berbeda dengan waktu pengajar memberikan pelatihan. Didalam aplikasi e-elearning untuk pemrograman berorientasi objek ini terdapat dua fitur unggulan yang dapat memudahkan mahasiswa dalam belajar pemrograman berorientasi objek yakni live compiler dan code generator. Live compiler adalah sebuah fitur dimana mahasiswa dapat langsung menjalankan contoh source code yang terdapat dalam e-learning untuk pembelajaran berorientasi objek secara langsung melalui web browser, dengan adanya fitur ini maka mahasiswa tidak perlu menyesuaikan source code terlebih dahulu apabila ingin menjalankan contoh source code yang diberikan. Fitur berikutnya adalah code generator, dengan adanya fitur ini maka mahasiswa bisa memahami konsep pemrograman berorientasi objek dengan mengisi form generate code, setelah dijalankan maka sistem akan membuatkan sebuah kerangka program berdasarkan data dari form yang telah diisi.Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa e-learning untuk pemrograman berorientasi objek dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep-konsep pemrograman berorientasi objek tanpa harus mempelajari terlebih dahulu antar muka dari IDE yang komplek seperti Netbeans atau Eclipse.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: e-learning, pemrograman berorientasi objek, Java, asynchronous training, live compiler, code generator
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24639

Actions (login required)

View Item View Item