Pembangunan game matematika berhitung

Man Fahlevi, Nu (2013) Pembangunan game matematika berhitung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Taman Kanak-kanak Raden Patah Kota Bandung adalah sebuah lembaga pendidikan formal bagi jenjang anak usia dini yaitu usia 3 sampai 6 tahun. Salah satu bentuk pembelajaran yang termasuk di dalamnya yaitu belajar berhitung. Menurut hasil observasi yang telah dilakukan di TK Raden Patah maka dapat disimpulkan bahwa kondisi yang terjadi di sana saat ini yakni anak-anak masih mengalami kesulitan dalam proses belajar berhitung. Hal ini di latar belakangi karena sifat dasar sebagian besar anak yang belum bisa fokus pada materi pembelajaran yang mereka terima. Selain itu pada saat belajar anak-anak cenderung lebih mudah beralih perhatian dan mudah hilang konsentrasi. Hambatan lainnya yaitu tentang cara serta bentuk penyampaian yang diberikan pada anak masih kurang menarik khususnya ketika mereka berada di lingkungan rumah, hal ini didukung dengan begitu terbatasnya media dan alat peraga yang dapat digunakan untuk menunjang serta mendukung proses belajar berhitung nya. Berawal dari permasalahan ini maka timbulah inisiatif untuk membangun sebuah media pembelajaran dalam bentuk game edukasi Matematika Berhitung.Game Matematika Berhitung ini dibangun menggunakan metode analisis pembangunan perangkat yaitu metode analisis terstruktur. Sedangkan pada tahapannya penelitian ini mengambil langkah awal dengan cara menganalisis game sejenis yang di dalamnya meliputi storyline, gameplay, serta komponen-komponen pendukung, game yang dianalisis tersebut adalah game Anak Cerdas dan game Bobby Bola. Setelah proses analisis selesai maka dilanjutkan ke tahap pembangunan perangkat lunak. Adapun tools yang dibutuhkan untuk proses membangunnya antara lain Adobe Flash CS5, Adobe Photoshop CS5, dan Adobe Flash Player dengan bahasa pemrograman yang dipakai yaitu ActionScript 2.0. Setelah game Matematika Berhitung ini selesai dibangun maka dilakukanlah suatu bentuk pengujian melalui cara kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan tersebut dapat disimpulkan bahwa game Matematika Berhitung ini memiliki suara, animasi, serta gambar-gambar yang dapat menarik minat anak dalam belajar berhitung dan membantu mereka menjadi lebih fokus dalam belajar berhitung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berhitung, Game Edukasi, Matematika.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24659

Actions (login required)

View Item View Item