Konsep Diri Hijabers di Kampus Non Muslim di Kota Bandung (Studi Deskriptif Tentang Konsep Diri Hijabers Dalam Menjalin Interaksi di Lingkungan Non Muslim)

Rachmiani, Belia (2013) Konsep Diri Hijabers di Kampus Non Muslim di Kota Bandung (Studi Deskriptif Tentang Konsep Diri Hijabers Dalam Menjalin Interaksi di Lingkungan Non Muslim). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Konsep Diri Hijabers dalam Menjalin Interaksi di Lingkungan Kampus Non Muslim. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, diangkat sub fokus pandangan dan perasaan untuk menganalisa fokus penelitian yaitu: Konsep Diri Hijabers dalam Menjalin Interaksi di Lingkungan Kampus Non Muslim. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, subyek penelitian adalah Hijabers yang berada di kampus non muslim dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh informan sebanyak 4 (empat) orang, dan informan pendukung sebanyak 3 (tiga) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tinjauan pustaka, penelusuran data online, observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah ketekunan pengamatan dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil Penelitian: 1) Pandangan mereka tidak melihat adanya perbedaan di lingkungan mayoritas non muslim, baik itu perilaku di sekitar maupun interaksi mereka, hal yang biasa walaupun hijabers masih minim. 2) Perasaan mereka pada awalnya belum terbiasa dengan lingkungan kampus non muslim, tetapi dengan penyesuaian diri kemudian mereka menjadi lebih nyaman.Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa konsep diri yang ada pada Hijabers di lingkungan kampus non muslim itu positif dilihat dari bagaimana mereka berinteraksi di lingkungan kampus dan cara mereka menunjukan diri dengan perilaku yang positif. Saran untuk Hijabers harus lebih hati-hati dalam memilih segala sesuatu, termasuk tempat untuk studi. Melihatlah berdasarkan akidah dan akhlak yang dimiliki sebagai seorang muslim yang menggunakan Hijab di lingkungan non muslim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Interaksi, Pandangan, Perasaan, Studi Deskriptif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24944

Actions (login required)

View Item View Item