Membangun Game Arcade 2D Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar (Studi Kasus SD/MI Al-Murtadlo Cikampek)

Rolanda Nydia Mk, Gan (2013) Membangun Game Arcade 2D Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar (Studi Kasus SD/MI Al-Murtadlo Cikampek). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SD/MI Al-murtadlo Cikampek adalah salah satu sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah yang menerapkan kurikulum berbasis sains dan bersifat tematik integratif. Hal ini bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang siswa peroleh atau siswa ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Pada SD/MI Al-Murtadlo diketahui bahwa umumnya siswa kelas 1 SD/MI Al-murtadlo siswa sering merasa kesulitan dalam memahami makna, tulisan dan pengucapan dalam bahasa Arab. Hal ini dikarenakan adanya pola pembelajaran secara teoritis yang sering dilakukan oleh sekolah tanpa adanya media pembelajaran bahasa Arab yang menarik sehingga sering menyebabkan kejenuhan pada anak.Game ini berjenis arcade game yang mengandalkan ketangkasan pemainnya dalam memegang kontrol. Ciri-ciri game arcade adalah mempunyai level yang singkat, kontrol yang mudah, serta tingkat kesulitan yang bertambah dengan cepat. Jenis game ini dirancang untuk memancing adrenalin pemain serta tidak membutuhkan jalan cerita yang bagus sehingga cocok untuk pemain dengan umur 6 tahun keatas. Metode dalam merancang sistem aplikasi game ini menggunakan metode waterfall dan tools yang digunakan adalah macromedia flash, macromedia firework, Xampp dan editplus. Artificial Intellegence yang di gunakan adalah algoritma Greedy dan dibangun menggunakan analisis aliran data berorientasi objek atau biasa disebut dengan OOP (Object Oriented Programing).Pengujian game pembelajaran bahasa Arab ini menggunakan pengujian alpha yang didalamnya meliputi metode pengujian Black Box dan White Box yang menguji fungsionalitas dari game tersebut, dan pengujian betha dengan membuat angket yang akan ditujukan kepada responden. Hasil uji dari game ini adalah Game Arcade 2D Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik sehingga dapat memudahkan anak dalam memahami makna dan tulisan dalam bahasa Arab dan dapat menarik minat anak untuk belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game, Bahasa Arab, OOP (Object Oriented Programming), arcade game, Greedy
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25058

Actions (login required)

View Item View Item