Perancangan sistem pengenalan nada tunggal keyboard menggunakan matlab pada PC

Supriansyah (2013) Perancangan sistem pengenalan nada tunggal keyboard menggunakan matlab pada PC. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Alat musik dapat menghasilkan gelombang bunyi dengan berbagai jenis nada. Tinggi-rendahnya nada ditentukan oleh frekuensi dasar gelombang bunyi. Semakin besar frekuensi dasar gelombang bunyi, maka semakin tinggi pula nada yang dihasilkan. Indera pendengaran manusia dapat membedakan tinggi-rendahnya nada, namun tidak dapat mengetahui secara pasti jenis nada apa yang didengar olehnya. Hal ini sangatlah penting bagi seseorang yang ingin mempelajari alat musik untuk mengetahui jenis-jenis nada dari alat musiknya.Fast Fourier Transform (FFT) dan Autokorelasi dapat digunakan dan diterapkan pada perangkat lunak Matlab dalam merancang aplikasi pengenalan nada alat musik keyboard. Fast Fourier Transform dapat digunakan untuk mencari power dan frekuensi dasar dari nada alat musik keyboard. Hasil keluaran dari aplikasi pengenalan nada alat musik keyboard adalah berupa chord dan gambar tuts keyboard yang ditekan, sehingga dapat membantu dan mempermudah manusia untuk mengetahui jenis nada dari alat musik keyboard yang dimainkannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat Musik, Nada, Gelombang Bunyi, Power, Frekuensi, Autokorelasi, Fast Fourier Transform, Matlab.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25091

Actions (login required)

View Item View Item