Pembangunan game edukasi Bahasa Inggris dan matematika untuk anak SD kelas 3

Octaviady, Eggy (2013) Pembangunan game edukasi Bahasa Inggris dan matematika untuk anak SD kelas 3. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa terbesar di dunia dimana hampir semua bidang menggunakan Bahasa Inggris. Maka dari itu pentingnya belajar Bahasa Inggris dari usia dini agar mempersiapkan mereka lebih dini dalam menguasai Bahasa Inggris di masa depan. Matematika adalah sebuah ilmu pasti yang menjadi dasar dari ilmu lain. Jika seorang anak sudah diajarkan dasar ilmu matematika sejak dini, maka anak akan mudah memasuki cabang ilmu lain seperti kimia, fisika, terutama pelajaran matematika itu sendiri. Namun ada permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan Matematika.Pembelajaran berbantuan Komputer merupakan salah satu media teknologi pembelajaran dengan tujuan memberikan suasana baru dalam belajar, salah satunya game edukasi. Game edukasi bisa jadi menjadi media edukasi baru untuk mengenalkan dan mengajarkan materi Bahasa Inggris dan Matematika. Pada pembangunan aplikasi game ini diawali dengan mengumpulkan data-data dan teori-teori yang dibutuhkan dalam pembuatan game ini. Pembangunan aplikasi game edukasi ini menggunakan metodologi penelitian perangkat lunaknya yaitu waterfall. Algoritma Greedy pada salah satu latihan pembelajaran Bahasa Inggris bagian tebak kata. Setelah itu, dilakukan analisis dan perancangan sistem untuk merancang antarmuka, jaringan sematik dan prosedural pada game yang akan dibuat. Lalu setelah proses analisis dan perancangan sistem, langkah selanjutnya engimplementasikan media pembelajaran kedalam sebuah aplikasi game edukasi yang dibuat dengan menggunakan flash untuk selanjutnya di uji kepada siswa agar dapat mengetahui apakah game edukasi yang dibuat dapat membantu mereka dalam belajar Bahasa Inggris dan Matematika. Pengujian sistem yang telah dilaksanakan menghasilkan, bahwa program aplikasi yang telah dibuat dinilai dapat membantu siswa dalam belajar. Untuk game bahasa inggris yang dibuat, sudah sangat baik untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris. Setelah siswa memainkan game ini, persentase siswa meningkat menjadi 90% dari hasil kuesioner sebelumnya hanya 35%. Sedangkan untuk game Matematika sudah cukup baik untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat siswa terhadap mata pelajaran Matematika. Dari hasil kuesionernya sebelumnya, presentase siswa hanya mendapatkan 30%. Setelah memainkan game ini,resentasenya meningat menjadi 60% dari hasil kuesioner sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi, Bahasa Inggris dan Matematika, Sekolah Dasar.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25386

Actions (login required)

View Item View Item