Perancangan On-Board Data Handling untuk Roket EDF (Electric Ducted Fan)

Abdussalam, Lutfi (2015) Perancangan On-Board Data Handling untuk Roket EDF (Electric Ducted Fan). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Roket EDF (Electric Ducted Fan) untuk melakukan peluncuran memerlukan sistem pemantauan, pelacakan dan pengendalian agar roket tersebut dapat meluncur dengan baik. Salah satu komponen penting pada roket tersebut adalah OBDH (On-Board Data Handling) yang berfungsi sebagai media untuk melakukan perintah dan pengolahan data. Namun, diperlukan adanya TTC (Telemetry, Tracking, and Command) yang berguna untuk melakukan komunikasi antara GCS (Ground Control Station) dengan OBDH pada roket EDF.Pada perancangan OBDH terintegrasi pengendali yaitu mikrokontroler, untuk mengetahui perilaku roket digunakan sensor IMU (Inertial Measurement Unit) yang di dalamnya terdiri dari sensor giroskop 3-sumbu dan Akselerometer 3-sumbu. Untuk melakukan tracking digunakan GPS, sensor kompas sebagai penentu arah hadap roket serta sebagai sudut referensi pada sumbu-z hasil pengolahan sensor giroskop dan digunakan sensor barometer untuk mengukur ketinggian roket pada saat meluncur. Data tersebut dapat diketahui secara real-time dengan mengirimkan data melalui modul radio pada frekuensi 2,4 GHz menggunakan XBee-Pro S2B kepada GCS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Roket EDF (Electric Ducted Fan) untuk melakukan peluncuran memerlukan sistem pemantauan, pelacakan dan pengendalian agar roket tersebut dapat meluncur dengan baik. Salah satu komponen penting pada roket adalah OBDH (On-Board Data Handling) yang berfungsi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25759

Actions (login required)

View Item View Item