Pengaruh Struktur Modal Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013

Fitriana, Dian (2015) Pengaruh Struktur Modal Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Profitabilitas merupakan tingkat kemampuan perusahaan untuk mengukur efektivitas manajemen yang dihitung oleh laba yang dihasilkan dari penjualan dan investasi perusahaan. Profitabilitas dipengaruhi oleh Struktur modal dan Perputaran Modal Kerja. Fenomena yang terjadi pada perusahaan telekomunikasi adalah dalam beberapa periode terjadi penurunan Profitabilitas padahal Struktur modal dan Perputaran Modal Kerja mengalami kenaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal dengan menggunakan indikator Debt to Equity Ratio dan perputaran modal kerja dengan menggunakan indikator Working Capital Turnover terhadap Profitabilitas melalui Indikator Return on Assets, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 Perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (data cross section) dan 6 tahun terakhir data laporan keuangan (time series) jadi jumlah dalam penelitian ini sebanyak 30 data (pool data) dan alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, Uji asumsi klasik, Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Auto korelasi, Koefisien korelasi pearson parsial, Koefisien Determinasi, dengan uji hipotesis menggunakan Uji-t dan Uji-f.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh parsial Struktur Modal (DER) terhadap Profitabilitas (ROA) sebesar -2,6%, Perputaran Modal Kerja (WCT) terhadap Profitabilitas sebesara 84,6%. Sedangkan secara bersama-sama (simultan), Struktur Modal (DER) dan Perputaran Modal Kerja (WCT) mempunyai pengaruh terhadap Profitabilitas (ROA) sebesar 82% dan sisanya 18% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Perputaran Modal Kerja , Profitabilitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25826

Actions (login required)

View Item View Item