Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Barang Pada Perusahaan Tenun Gajahmada Textile

Hutagalung, Sartika (2013) Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Barang Pada Perusahaan Tenun Gajahmada Textile. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam suatu perusahaan textile tidak terlepas dari masalah pengelolaan dan pengendalian produksi barang, karena produksi adalah hal penting yang menjadi tujuan dan target agar perusahaan dapat terus berkembang. Sama halnya dengan Perusahaan Tenun Gajah Mada Textile yang membutuhkan suatu aplikasi untuk dapat mengelola dan mengendalikan data produksi yang dilakukan dalam jumlah banyak karena perusahaan masih melakukan pencatatan secara manual di buku besar. Pengendalian persediaan barang sangat berperan penting dalam mengoptimalkan kinerja perusahaan khususnya dalam mengelola data produksi.Dalam pemrosesan data misal pencatatan data penerimaan bahan baku dan pengiriman kain mentah dalam bentuk manual memperlambat proses pekerjaan dan membutuhkan waktu yang cukup lama, melakukan perhitungan secara manual membutuhkan waktu yang sangat lama dan sering terjadi kesalahan dalam perhitungan, sering terjadi pemesanan bahan baku benang yang berulang-ulang tanpa melihat persediaan bahan baku benang yang masih ada.Kegunaan penelitian ini adalah untuk memperkecil terjadinya masalah seperti yang telah disebutkan diatas, maka dirancang suatu sistem informasi pengendalian persediaan barang berbasis komputerisasi. Untuk mempermudah dalam melakukan perancangan sistem maka digunakan langkah-langkah dari pengembangan sistem secara Object Oriented yaitu dengan menggunakan teknik mengumpulkan data yang terdiri dari teknik observasi dan teknik wawancara dengan pihak perusahaan di Perusahaan Tenun Gajah Mada Textile khususnya bagian persediaan barang/produksi. Adapun alat yang digunakan dalam pengembangan sistem ini yaitu menggunakan UML ( Unified Modeling Language), metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model prototype. Pembuatan sistem informasi persediaan barang menggunakan program Java dan MySQL sebagai databasenya.Dengan sistem informasi persediaan barang tersebut, dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada di Perusahaan Tenun Gajah Mada Textile dan bisa membantu meningkatkan proses pengendalian persediaan barang, mempermudah bagi pihak perusahaan dalam menjalankan proses kinerjanya dan mengurangi kemungkinan kesalahan yang terjadi dalam proses aktivitas pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Produksi, Persediaan Barang, UML, Java, MySQL
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25939

Actions (login required)

View Item View Item