Analisis user interface aplikasi pengenalan keterkaitan antarobjek untuk anak tunagrahita

Ridwan, Ahmad (2013) Analisis user interface aplikasi pengenalan keterkaitan antarobjek untuk anak tunagrahita. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Antarmuka merupakan bagian dari media interaksi antara manusia dan komputer yang dilakukan secara langsung maupun dengan pemahaman tertentu. Pengguna yang berinteraksi dengan komputer melalui antarmuka tidak hanya pengguna normal melainkan pengguna yang memiliki kebutuhan khusus yang salah satunya adalah tunagrahita. Keterbatasan intelektual yang dimiliki anak tunagrahita mengakibatkan kesulitan dalam memahami materi dalam kegiatan belajar khususnya materi pengenalan keterkaitan antarobjek. Dibutuhkan sebuah aplikasi sebagai alat bantu ajar dengan menitikberatkan antarmuka pengguna sehingga dapat membantu kegiatan belajar mengajar anak tunagrahita.Antarmuka yang diperuntukan bagi anak tunagrahita akan berbeda dengan pengguna normal. Membangun antarmuka diawali dengan melakukan analisis terhadap karakteristik anak tunagrahita yang meliputi karakteristik secara umum, karakteristik pengalaman dan pengetahuan, karakteristik psikologis dan karakteristik fisik. Selain karakteristik, analisis dilakukan terhadap fungsi bisnis untuk menghasilkan model mental anak tunagrahita dalam kegiatan belajar. Perancangan antarmuka dilakukan dengan menggunakan metode UCD serta prinsip UI. Perancangan antarmuka dirancang dalam bentuk mockup untuk selanjutnya diimplementasikan menjadi sebuah simulator sebagai alat bantu ajar pengenalan keterkaitan antarobjek untuk anak tunagrahita.Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan antarmuka dalam bentuk mockup dan simulator model interface aplikasi pengenalan keterkaitan antarobjek sebagai alat bantu ajar pengenalan keterkaitan antarobjek. Mockup dibangun dengan menggunakan balsamiq mockup sedangkan simulator dibangun menggunakan microsoft expression blend 4 + Sketchflow. Dengan digunakannya metode UCD dan prinsip UI dalam perancangan antarmuka, dapat disimpulkan bahwa rancangan aplikasi yang dihasilkan sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita dan dapat memberikan kemudahan untuk anak tunagrahita dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Antarmuka, Model Mental, Interaksi Manusia dan Komputer,, User Centered Design (UCD), Tunagrahita. Balsamiq mockups, microsoft expression blend 4 + sketchflow.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26090

Actions (login required)

View Item View Item