Pengaruh likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen di industri pharmaceuticals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Diana Putri, Riesmarlita (2013) Pengaruh likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen di industri pharmaceuticals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Likuidtas dan Ukuran perusahaan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen. Dengan memperhatikan kedua aspek tersebut, dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan kebijakan dividen bagi perusahaan sehingga dapat menentukan besarnya pembayaran dividen yang sesuai kepada investor Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Perkembangan likuiditas, ukuran perusahaan, dan kebijakan dividen, (2) Pengaruh likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen, baik secara parsial maupun simultan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis dilakukan dengan teknik analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, korelasi pearson, dan koefisien determinasi, baik secara parsial maupun simultan. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji t untuk menguji secara parsial dan uji F untuk menguji secara simultan, dengan tingkat signifikan 5%. Proses analisis statistik tersebut menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Likuiditas memiliki hubungan yang rendah dengan arah positif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR) dan Ukuran Perusahaan memiliki hubungan yang sangat rendah dengan arah negatif dan tidak signifikan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR) Adapun secara simultan, likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan dividen sebesar 9,8% sedangkan 90,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26206

Actions (login required)

View Item View Item