Analisis user interface media pembelajaran pengenalan kosakata untuk anak tunarungu

Ardhiyani, Jelita (2014) Analisis user interface media pembelajaran pengenalan kosakata untuk anak tunarungu. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Antarmuka yang baik merupakan jendela untuk melihat kemampuan sistem serta jembatan bagi kemampuan perangkat lunak dalam membantu memenuhi kebutuhan pengguna tidak terkecuali pengguna yang mengalami cacat (disability) salah satunya anak tunarungu. Bagi anak tunarungu, kekurangan terhadap indera pendengaran menimbulkan kesulitan dalam menerima dan memahami setiap informasi yang disampaikan. Kebutuhan dalam menerima informasi tidak dapat dipisahkan dengan kebutuhan pemahaman mengenai kosakata, karena kosakata merupakan dasar sebuah rangkaian informasi yang akan disampaikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya sebuah media pembelajaran kosakata untuk anak tunarungu dengan memperhatikan sisi antarmuka pengguna.Sebelum merancang antarmuka pengguna, terlebih dahulu dilakukan analisis terhadap karakteristik pengguna yang mencangkup pengetahuan, pengalaman, tugas, kebutuhan, psikologi dan fisik pengguna. Hasil analisis akan mempengaruhi rancangan antarmuka. Kemudian rancangan antarmuka dibentuk menjadi mockup dengan memperhatikan prinsip-prinsip UI dan metode UCD untuk pendekatan UI serta menerapkan metode komunikasi total dalam penyampaian materi, mockup yang telah dirancang diimplementasikan menjadi sebuah simulator model antarmuka untuk media pembelajaran pengenalan kosakata untuk anak tunarungu.Hasil dari penelitian ini merupakan rancangan antarmuka berupa mockup dan simulator model antarmuka untuk media pembelajaran pengenalan kosakata bagi anak tunarungu yang dibangun menggunakan tools balsamiq mockup dan microsoft expression blend 4 + sketchflow. Dengan menerapkan komponen komunikasi total dalam penyampaian materi kosakata dan melakukan setiap langkah metode UCD maka dapat disimpulkan rancangan antarmuka yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anak tunarungu serta memberikan kemudahan untuk memahami kosakata yang bersifat abstrak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: user interface(UI), tunarungu, komunikasi total, UCD, microsoft expression blend4 + sketchflow.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26323

Actions (login required)

View Item View Item