Perancangan aplikasi game edukasi ilmu pengetahuan alam (IPA) untuk kelas 1 dan 2 (studi kasus di SDK Pelita Bangsa Bandung)

C Suhardi, Ilemon (2014) Perancangan aplikasi game edukasi ilmu pengetahuan alam (IPA) untuk kelas 1 dan 2 (studi kasus di SDK Pelita Bangsa Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Upaya meningkatkan efisiensi penyediaan aplikasi yang mengandung unsur pendidikan diperlukan berbagai alternatif dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Adanya game edukasi IPA ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya materi fisika, dan menghilangkan rasa jenuh dan takut bagi anak untuk belajarIPA.Game edukasi ini sangat berguna dibidang pendidikan khususnya IPA. Penulis memilih anak SD kelas 1 S.D. 2 sebagai sampel game, karena kesulitan proses pembelajaran secara teoritis yang diajarkan pada anak SD,mengingat anak-anak lebih suka bermain.Penyusunan skripsi ini menggunakan perancangan metode prototip ekarena model ini adalah model klasik yang bersifat sistematis, berurutan dalam membangun software. Alat bantu yang digunakan untuk menganalis penyusun menggunakan Flow Chart, sedangkan aplikasi yang digunakan menggunakan adobe flash.Penerapan game edukasi IPA ini diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Jadi disaat anak memainkan game ini anak tidak bosan dan takut unutk belajar IPA, dengan harapan semangat anak untuk belajar akan lebihterpacu dan meningkatkan kualitas belajar anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi danIPA, Adobe flash
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26512

Actions (login required)

View Item View Item