Pembangunan learning management system di SMA Negeri 2 Bandung

Ariesa Perdana, Robby (2014) Pembangunan learning management system di SMA Negeri 2 Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMA Negeri 2 Bandung adalah salah satu instansi pendidikan yang saat ini berlokasi di Jl. Cihampelas No. 173 Bandung, Jawa Barat. SMA Negeri 2 Bandung memiliki sarana dan prasarana lengkap untuk menunjang aktifitas kegiatan belajar-mengajar seperti ruang kelas, ruang laboraturium komputer dan jaringan internet. Namun masih terdapat beberapa kendala dalam menunjang aktifitas kegiatan belajar-mengajar seperti pendistribusian materi, pengolahan data tugas, pelaksanaan ujian yang dibutuhkan untuk menggali informasi sebagai salah satu tolak ukur kesiapan siswa dalam mengahadapi ujian tengah semester dan ujian akhir semester, selain itu waktu yang tidak cukup menyebabkan siswa kesulitan berkomunikasi untuk berkonsultasi dengan guru akan isi materi pelajaran yang belum dipahaminya dan monitoring aktifitas kegiatan belajar mengajar dan perkembangan nilai akademik siswa untuk kepala sekolah.Berdasarkan pada permasalahan yang telah dijelaskan sebelumnya dibutuhkan Learning Manageent System di SMA Negeri 2 Bandung. Dalam membangun Learning Management System ini dibutuhkan analisis terhadapat system yang sedang berjalan disekolah, analisis perangkat lunak, analisis perangkat keras dan analisis data dalam pengimplementasiannya. Berikutnya dibutuhkan perancangan seperti perancangan data, perancangan antarmuka, perancangan pesan dan perancangan procedural. Setelah itu dibutuhkan testing dan pengujian pada Learning Management System ini seperti pengujian blackbox yang dilakukan dengan cara menguji fungsionalitas Learning management System ini dan pengujian beta yang dilakukan dengan cara memberikan kuesioner dan wawancara dengan guru dan siswa SMA negeri 2 Bandung.Hasil akhir dari penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Bandung membutuhkan media pembelajaran alternatif. sebagai sarana pendukung kegiatan belajar-mengajar diruang kelas dimana media tersebut bisa membantu guru menyampaikan materi pelajaran secara tidak langsung, mengolah data tugas, membantu guru mengolah pelaksanaan ujian, membantu siswa dan guru berkomunikasi secara tidak langsung seperti forum diskusi dan memonitoring aktifitas kegiatan belajar-mengajar dan perkembangan nilai akademik siswa untuk kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Learning Management System, SMA Negeri 2 Bandung, mengajar, pelajaran, tugas, ujian dan mata pelajaran.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26712

Actions (login required)

View Item View Item