Pembingkaian berita Tim Nasional U-19 : (studi analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M.Konsicki pada Harian Bola dan Top Skor Edisi 19-30 November 2013)

Tryantito, Revino (2014) Pembingkaian berita Tim Nasional U-19 : (studi analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M.Konsicki pada Harian Bola dan Top Skor Edisi 19-30 November 2013). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian pemberitaan Tim Nasional U-19 di Harian Bola dan Harian Top Skor. Untuk menjawab penelitian ini peneliti menggunakan empat struktur pengamatan yang dijadikan sub-fokus sebagai identifikasi masalah yaitu Struktur Sintaksis, Struktur Skrip, Struktur Tematik dan Struktur Retoris.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M. Konsicki. Model ini digunakan untuk mengetahui cara media massa membingkai berita dengan empat struktur pengamatan identifikasi masalah. Data penelitian pemberitaan Tim Nasional U-19 periode 19 November 2013 sampai dengan 30 November 2013 yang berjumlah 8 berita dari di Harian Bola dan Harian Top Skor. Dengan menggunakan data primer dan data sekunder.Data primer yang diperoleh dari pengumpulan berita dari Harian Bola dan Harian Top Skor. Teknik analisis data dilakukan dengan cara koleksi data, reduksi data, memperlihatkan data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Harian Bola dan Harian Top Skor membingkai suatu berita Tim Nasional U-19 dengan sudut pandang berbeda. Harian Bola dalam melakukan pembingkaian berfokus pada taktikal. Sedangkan Harian Top Skor dalam melakukan pembingkaian meliputi taktikal dan juga hal lain selain taktikal.Kesimpulan dari penelitian ini masih banyak kekurangan dipemenuhan unsur 5W+1H. Saran untuk Harian Bola dan Harian Top Skor tidak terlalu berlebihan dalam pemberitaan Tim Nasional U-19. Saran bagi peneliti seterusnya yakni model Zhondang Pan dan Gerald M. Konsicki relevan untuk analisis framing media cetak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembingkaian, Tim Nasional U-19, Media Cetak, Taktikal
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27006

Actions (login required)

View Item View Item